Penulis Utama : Yusuf Teja Ismaya
NIM / NIP : K7412193
×

Tujuan penulisan ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Menemukan Peluang Baru dari Pelanggan siswa kelas XI Pemasaran 3 SMK Negeri 1 Sukoharjo tahun pelajaran 2015/2016 melalui penerapan multimedia kit dan model pembelajaran kontekstual.
Jenis penulisan ini merupakan penulisan tindakan kelas (PTK). Penulisan dilaksanakan secara kolaborasi antara penulis dan guru mata pelajaran Menemukan Peluang Baru dari Pelanggan. Subjek penulisan adalah siswa kelas XI Pemasaran 3 SMK Negeri 1 Sukoharjo yang berjumlah 36 siswa. Teknik pengumpulan data penulisan adalah observasi, tes, dokumentasi, dan wawancara. Prosedur penulisan meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi.
Berdasarkan penulisan yang telah dilaksanakan, dapat disimpulkan bahwa penerapan multimedia kit dan model pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XI Pemasaran 3. Hal ini terbukti pada siklus I sampai siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Sebelum penerapan multimedia kit dan model pembelajaran kontekstual, nilai rata-rata hasil belajar pratindakan adalah 80 dan ketuntasannya sebesar 61%. Sedangkan siklus I nilai rata-rata hasil belajar adalah 82 dan ketuntasannya sebesar 94% dan nilai rata-rata hasil belajar siklus II adalah 90 dan ketuntasannya sebesar 100%.
Simpulan penulisan ini adalah penerapan multimedia kit dan model pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran menemukan peluang baru dari pelanggan kelas XI Pemasaran 3 SMK Negeri 1 Sukoharjo tahun pelajaran 2015/2016.
Kata kunci: multimedia kit, model pembelajaran kontekstual, hasil belajar

×
Penulis Utama : Yusuf Teja Ismaya
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7412193
Tahun : 2016
Judul : Penerapan Multimedia Kit dan Model Pembelajaran Kontekstual Mata Pelajaran Menemukan Peluang Baru dari Pelanggan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kelas XI Pemasaran di SMK Negeri 1 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2015/2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Ekonomi Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Ekonomi-K.7412193-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Harini, M.Pd.
2. Jonet Ariyanto Nugroho, SE., MM.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.