Penulis Utama : Ardi Nur Pamungkas
NIM / NIP : K4612024
×

Tujuan Penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan gerak dasar melempar, menangkap, menendang, dan mendrible untuk anak tunagrahita dengan menggunakan metode penggunaan alat bantu pembelajaran pada siswa kelas V SLB-E Prayuwana Surakarta Tahun Ajaran 2016 / 2017.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SLB – E Prayuwana Surakarta yang berjumlah 6 Siswa yang terdiri dari 3 siswa putera dan 3 siswa puteri. Sumber data berasal dari guru, siswa dan peneliti. Teknik pengumpulan data adalah dengan observasi, tes, dan dokumentasi atau arsip.Validitas data menggunakan teknik triangulasi data. Analisis data menggunakan teknik deskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif dengan persentase.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa menggunakan metode penggunaan alat bantu pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan gerak dasar manipulatif dari prasiklus ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Dari hasil analisis yang diperoleh peningkatan hasil belajar pola gerak dasar lokomotor pada Siklus I dari 6 siswa mencapai 66,67% atau sebanyak 4 siswa sudah masuk kriteria tuntas dan pada Siklus II meningkat mencapai 100% atau semua siswa telah mencapai kriteria tuntas dengan KKM 2,67.
Simpulan penelitian ini adalah dengan menggunakan metode penggunaan alat bantu pembelajaran dapat meningkatkan kemampuan gerak dasar manipulatif pada siswa kelas V SLB – E Prayuwana Surakarta Tahun Ajaran 2016 / 2017.
Kata Kunci: Kemampuan Gerak Dasar Manipulatif, Anak Tunagrahita, metode Pembelajaran, Alat Bantu Pembelajaran.

×
Penulis Utama : Ardi Nur Pamungkas
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4612024
Tahun : 2016
Judul : Penggunaan Alat Bantu Pembelajaran Untuk Meningkatkan Kemampuan Gerak Dasar Manipulatif pada Anak Tunagrahita Kelas V SLB – E Prayuwana Surakarta Tahun Ajaran 2016 / 2017
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi-K.4612024-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Agus Kristiyanto, M.Pd.
2. Drs. Sunardi, M.Kes.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.