Penulis Utama : Faozan
NIM / NIP : S701408008
×

Tulisan ini merupakan hasil penelitian “ Diskursus “Tuan Guru” dalam Novel Tuan Guru karya Salman Faris”. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap dan mengetahui motivasi tindakan Tuan Guru di tengah masyarakat yang didiskursuskan dalam novel “Tuan Guru”. Untuk mencapai tujuan penelitian, ada tiga poin yang dirumuskan sebagai permasalahannya,yaitu: 1) Mengapa terdapat diskursus karisma Tuan Guru dalam novel Tuan Guru karya Salman Faris; 2) Bagaimana proses diskursus karisma Tuan Guru dalam novel Tuan Guru karya Salman Faris di bangun; 3) Bagaimana implikasi diskursus Karisma Tuan Guru terhadap kehidupan masyarakat Lombok di dalam novel Tuan Guru karya Salman Faris.
Penelitian ini berada dalam lingkup bidang ilmu Kajian Budaya yang paradigma ilmunya berada pada wilayah kritis postmodern. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data kualitatif, sehingga data-data yang berupa hasil pengamatan terhadap teks menjadi data primer yang diolah secara kritis untuk memperoleh hasil penelitian yang diperlukan. Untuk menganalisis data, digunakan teknik deskriptif analitik yang dilakukan secara kritis melalui teori-teori kritis yang diterapkan. Teori-teori yang digunakan adalah teori-teori yang berkembang di wilayah pemikiran postmodern, yaitu diskursus Michel Foucault dan simulacra Jean Baudrillard.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat dikemukakan tiga temuan. Pertama, Tuan Guru dalam novel Tuan Guru karya Salman Faris mengklaim bahwa, kharisma Tuan Guru terbentuk karena pengaruh perbedaan religiusitas antara masyarakat dengan Tuan Guru dan perbedaan tingkat pendidikan. Kedua, subjektivitas pengarang dalam membangun proses diskursus karisma Tuan Guru yang membongkar siklus perjalanan seseorang yang sudah terencana, dahulunya masyarakat biasa kemudian menjelma seperti wakil Tuhan di muka bumi, dari tokoh agama menjadi pusat kebenaran dan dari pimpinan agama menjadi penguasa politis. Ketiga, keberhasilan diskursus karisma Tuan Guru di tengah masyarakat Lombok mengimplikasikan mereka dalam kehidupan sehari-hari, seperti; kepatuhan masyarakat dalam beragama dan bermasyarakat, Tuan Guru memiliki strata sosial tertinggi di tengah masyarakat dan banyak Tuan Guru memiliki pondok pesantren.
Kata Kunci: Diskursus, Tuan Guru, Novel<!--[if gte mso 9]><xml> assyfa-comp 12.00 </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> Normal 0 false false false IN X-NONE AR-SA MicrosoftInternetExplorer4 </xml><![endif]--><!--[if gte mso 9]><xml> </xml><![endif]--><!--[if gte mso 10]> <style> /* Style Definitions */ table.MsoNormalTable {mso-style-name:"Table Normal"; mso-tstyle-rowband-size:0; mso-tstyle-colband-size:0; mso-style-noshow:yes; mso-style-priority:99; mso-style-qformat:yes; mso-style-parent:""; mso-padding-alt:0cm 5.4pt 0cm 5.4pt; mso-para-margin-top:0cm; mso-para-margin-right:0cm; mso-para-margin-bottom:10.0pt; mso-para-margin-left:0cm; line-height:115%; mso-pagination:widow-orphan; font-size:11.0pt; font-family:"Calibri","sans-serif"; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin; mso-fareast-language:EN-US;} </style>

×
Penulis Utama : Faozan
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S701408008
Tahun : 2016
Judul : Diskursus Tuan Guru dalam Novel Tuan Guru Karya Salman Faris
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2016
Program Studi : S-2 Kajian Budaya
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Magister Kajian Budaya-S.701408008-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Bani Sudardi, M.Hum.
2. Dr. Titis Srimuda Pitana, ST., M.Trop. Arch.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.