Penulis Utama : Adhi Satria Laksana
NIM / NIP : K2512007
×

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Mengembangkan auto cancel sein berbasis mikrokontroler pada sepeda motor; (2) Menyelidiki kinerja sistem auto cancel sein berbasis mikrokontroler pada sepeda.
Penelitian pengembangan auto cancel sein berbasis mikrokontroler dilaksanakan di Bengkel Otomotif Pendidikan Teknik Mesin Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta. Pengujian alat auto cancel sein dilaksanakan di area Stadion Manahan Solo dengan alamat Jl. Adi Sucipto, Manahan, Surakarta. Pengembangan sistem auto cancel sein berbasis mikrokontroler dilakukan dalam 3 tahap yaitu: (1) analisis kebutuhan; (2) perancangan perangkat keras; (3) perancangan perangkat lunak. Sistem auto cancel sein diterapkan pada Honda Supra X diuji dengan uji U-Turn. Data yang diperoleh dari hasil pengujian dimasukan ke dalam tabel dan grafik untuk selanjutnya dianalisa.
Hasil dari penelitian ini adalah: (1) Rancang bangun sistem auto cancel sein disusun oleh sensor – sensor (sensor kecepatan, sensor posisi kemudi, dan sensor kemiringan) untuk membaca kondisi sepeda motor. Mikrokontroler digunakan sebagai pengolah data. Sebagai aktuator (output) digunakan relay module 2 chanel yang dapat mematikan dan menghidupkan lampu sein secara elektronik; (2) Pengujian auto cancel sein pada sepeda motor Supra X tahun 2009 menunjukan bahwa, auto cancel sein dapat bekerja dengan baik dan benar pada kecepatan 10 km/jam, 20 km/jam, 30 km/jam, 40 km/jam, 50 km/jam.
Kata Kunci: Auto cancel sein, mikrokontroler, uji U-Turn, kecepatan sepeda motor

×
Penulis Utama : Adhi Satria Laksana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2512007
Tahun : 2016
Judul : Pengembangan Auto Cancel Sein Berbasis Mikrokontroler Pada Sepeda Motor
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknik Mesin
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP Jur. Pendidikan Teknik Mesin-K.2512007-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ir. Husin Bugis, M.Si
2. Ngatau Rohman, S.Pd., M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.