Penulis Utama : Joko Rahmanto
NIM / NIP : K2508101
×

Tujuan penelitian ini adalah: (1) Menyelidiki pengaruh penggunaan pemanas bahan bakar (heater) dengan menggunakan busi pijar terhadap konsumsi bahan bakar pada sepeda motor Yamaha Jupiter Z tahun 2008. (2) Menyelidiki pengaruh pemanas bahan bakar (heater) dengan menggunakan busi pijar terhadap emisi gas buang CO pada sepeda motor Yamaha Jupiter Z tahun 2008. (3) Menyelidiki pengaruh pemanas bahan bakar (heater) dengan menggunakan busi pijar terhadap emisi gas buang HC pada sepeda motor Yamaha Jupiter Z tahun 2008.

Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah sepeda motor Yamaha Jupiter Z tahun 2008 dan sampel dalam penelitian ini adalah sepeda motor Yamaha Jupiter Z tahun 2008 bernomor mesin 30C226891.Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data deskriptif. Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Otomotif Program Studi Pendidikan Teknik Mesin, JPTK, FKIP, UNS Surakarta dengan alamat di Jalan Ahmad Yani No. 200 Kartasura. Menggunakan alat gas analyzer type STARGAS 898 untuk menguji emisi gas buang CO dan HC. Sedangkan untuk pengujian konsumsi bahan bakar dilakukan dengan cara menghitung banyaknya bahan bakar yang habis selama 5 menit.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan: (1) Penggunaan busi pijar sebagai pemanas bahan bakar berpengaruh terhadap konsumsi bahan bakar, dari hasil pengujian konsumsi bahan bakar dengan menggunakan pemanas bahan bakar dapat menghemat bahan bakar sebesar 3,07 %. (2) Penggunaan busi pijar sebagai pemanas bahan bakar berpengaruh terhadap emisi gas buang CO, dari hasil penelitian kadar emisi gas buang CO sebesar 0,351%. Masih dalam ambang batas gas buang yang dikeluarkan oleh  menteri negara lingkungan hidup nomor 05 tahun 2006. (3) Pemanas bahan bakar berpengaruh terhadap emisi gas buang HC, dari hasil penelitian kadar emisi gas buang HC sebesar 161,6 ppm. Masih dalam  ambang batas emisi gas buang yang dikeluarkan oleh menteri negara lingkungan hidup nomor 05 tahun 2006.

Kata Kunci: Busi Pijar, Pemanas Bahan Bakar, Konsumsi Bahan Bakar, Emisi Gas Buang CO dan HC

×
Penulis Utama : Joko Rahmanto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2508101
Tahun : 2016
Judul : Pengaruh Penggunaan Busi Pijar Sebagai Pemanas Bahan Bakar Terhadap Konsumsi Bahan Bakar dan Emisi Gas Buang Co dan Hc Pada Sepeda Motor Jupiter Z Tahun 2008 Sebagai Pengayaan Mata Kuliah Sepeda Motor
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknik Mesin
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP Jur. Pendidikan Teknik Mesin-K.2508101-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ir. Husin Bugis, M. Si.
2. Ngatou Rohman, S.Pd., M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.