Penulis Utama : Syahriar Ardanto Wibowo
NIM / NIP : K7112243
×

Tujuan penelitia ini adalah untuk meningkatkan pemahaman konsep masalah sosial pada siswa keals IV SD Negeri 3 Boyolali tahun ajaran 2015/2016 melalui penerapan strategi learning cell.
Bentuk penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklusnya terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 36 siswa, terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 24 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Teknik uji validitas data yang digunakan adalah validitas isi melalui expert jugdment. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif yang terdiri dari tiga komponen yaitu reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan strategi learning cell, terdapat peningkatan pemahaman konsep masalah sosial pada siswa kelas IV, hal tersebut terlihat dari peningkatan nilai di setiap siklus. Pada kondisi awal, ketuntasan klasikal sebesar 36,11% meningkat pada siklus I menjadi sebesar 63,89%, pada siklus II meningkat menjadi 86,11%. Peningkatan juga terlihat pada rata-rata kelas pada kondisi awal sebesar 56,81, meningkat pada siklus I sebesar 71,60, dan rata-rata pada siklus II sebesar 80,06. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa strategi learning cell dapat meningkatkan pemahaman konsep masalah sosial siswa kelas IV SD Negeri 3 Boyolali tahun ajaran 2015/2016.
Kata kunci: pemahaman konsep, masalah sosial, strategi learning cell

×
Penulis Utama : Syahriar Ardanto Wibowo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7112243
Tahun : 2016
Judul : Peningkatan Pemahaman Konsep Masalah Sosial Melalui Strategi Learning Cell Pada Siswa Kelas IV SD Negeri 3 Boyolali Tahun Ajaran 2015/2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP Jur. Pendidikan Guru Sekolah Dasar-K.7112243-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Riyadi, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.