Penulis Utama : Ninik Kurniawati Wardoyo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Analisis gender menurut profil kegiatan buruh tani di Kecamatan Mojogedang Kabupaten Karanganyar
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Pertanian UNS - 2004
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Pertanian NIM.H0499004-2004
Subyek : BURUH PERTANIAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tahun 2001 penduduk usia 15 tahun keatas, 44 % bekerja di sektor Pertanian dan dari 44 % tersebut, 38 % adalah perempuan. Pembagian pekerjaan antar laki-laki dan perempuan dalam rumah tangga dan masyarakat nampak pada kebiasaan laki-laki mencari nafkah di luar rumah tangga untuk memenuhi kebutuhan hidup, sedangkan wanita mengurus pekerjaan rumah tangga. Gender adalah pembagian peran, kedudukan dan tugas antara laki-laki dan perempuan yang ditetapkan oleh masyarakat berdasarkan sifat perempuan dan laki-laki yang dianggap pantas menurut norma, adat, kepercayaan dan kebiasaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kegiatan produktif, domestik nonproduktif dan kegiatan kemasyarakatan antara buruh tani laki-laki dan perempuan.

Metode dasar dari penelitian ini adalah deskriptif analitis, lokasi penelitian ditentukan dengan purposif sampling mulai dari tingkat kecamatan sampai tingkat dusun, yaitu yang memiliki buruh tani paling banyak. Penetapan responden dilakukan dengan metode survai, yaitu mengambil 60 responden yang terdiri dari 30 buruh tani laki-laki dan 30 buruh tani perempuan.

Semua responden termasuk usia dewasa, yaitu lebih dari 15 tahun. Dilihat dari tingkat pendidikan, responden laki-laki tingkat pendidikannya lebih baik, karena jumlah yang tamatan sekolah sebesar 83,33 persen dan perempuan sebesar 66,67 persen. Untuk pengalaman menjadi buruh tani antara laki-laki dan perempuan mayoritas sama, yaitu antara 20 – 40 persen.

Hasil penelitian untuk Profil Kegiatan Produktif adalah: jenis kegiatan yang dilakukan buruh tani laki-laki adalah mencangkul, membajak, meratakan tanah, mencabut benih dan mengangkutnya, memupuk, menyemprot, menuai, merontokkan gabah, dan mengangkut hasil. Sedangkan utnuk kegiatan yang dilakukan perempuana adalah: mencabut benih, menanam, memupuk, menyiangi rumput, dan menampi. Waktu yang dihabiskan buruh tani laki-laki utnuk kegiatan produktif rata-rata 7 jam 24 menit per hari, dan buruh tani perempuan menghabiskan waktu 5 jam 36 menit per hari. Upah rata-rata per hari buruh tani laki-lak per hari adalah Rp 11.100,00 ditambah rokok dan makan, sedangkan buruh tani perempuan rata-rata upah per hari adalah Rp 8.100,00 ditambah makan.

Jenis kegiatan domestik non produktif yang dilakukan bruh tani bervariasi dan berhubungan dengan penyediaan sumber daya yang bisa dilakukan di rumah. Perempuan melakukan semua jenis kegiatan rumah tangga, termasuk kegiatan yang memerlukan tenaga. Waktu rata-rata yang dihabiskan buruh tani laki-laki adalah 3 jam 46 menit per hari, sedangkan buruh tani perempuan adalah 10 jam 7 menit per hari.

Jenis kegiatan kemasyarakan yang dilakukan buruh tani laki-laki lebih banyak dan mnghabiskan waktu 7 menit per hari. Sedangkan waktu yang digunakan buruh tani perempuan adalah 5 menit per hari.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Prof. Ir Djiwandi
2. Ir. Retno Setyowati, MS
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Pertanian