Penulis Utama : Anisha Berliana
NIM / NIP : K3212007
×

Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar komik digital melalui metode pembelajaran praktek langsung pada siswa kelas X program keahlian DKV SMK Negeri 9 Surakarta tahun ajaran 2015/2016.

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang menggunakan metode pembelajaran praktek langsung dalam mata pelajaran simulasi digital untuk memperbaiki prestasi belajar komik digital. Subjek penelitian adalah siswa kelas X program keahlian DKV SMK Negeri 9 Surakarta tahun ajaran 2015/2016 yang berjumlah 31 siswa. Penelitian ini dilakukan pada bulan Februari hingga Juli 2016, dengan dua siklus dan masing-masing siklus mencakup empat kegiatan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik observasi dan teknik tes. Aspek psikomotor dengan tes unjuk kerja dan aspek afektif dalam bentuk lembar observasi.

Data hasil penelitian diperoleh pada aspek afektif yang meliputi keseriusan, aktif mengerjakan, tidak mengganggu, aktif bertanya, dan kehadiran diketahui ada peningkatan hasil belajar pada pelaksanaan siklus I sebesar 74,19% dan  pada siklus II sebesar 87,1%.  Pada aspek psikomotorik yang meliputi kemampuan dalam pembuatan isi/teks naskah komik, mampu membuat storyboard,pembuatan ilustrasi dalam komik, digital coloring, dan finishing diketahui peningkatan pada pelaksanaan siklus I sebesar 58,06%  dan siklus II sebesar 90,32%.

Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran menggunakan metode pembelajaran praktek langsung dapat meningkatkan prestasi  belajar komik digital siswa kelas X program keahlian DKV SMK Negeri 9 Surakarta tahun ajaran 2015/2016.

Kata Kunci: metode praktek langsung, gambar, komik digital.

×
Penulis Utama : Anisha Berliana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3212007
Tahun : 2016
Judul : Meningkatkan Kemampuan Siswa Menggambar Komik Digital Dengan Penerapan Metode Praktik Langsung Pada Kelas X Jurusan Desain Komunikasi Visual SMKN 9 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Seni Rupa
Kolasi :
Sumber : UNSF. KIP Jur. Pendidikan Seni Rupa-K.3212007-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Slamet Subiyantoro, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.