Penulis Utama : Ariani Sukma Anjari
NIM / NIP : K3212010
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Pelaksanaan Kurikulum 2013 dalam mata pelajaran perhiasan (jewellery) kelas XI program keahlian kriya logam SMK Negeri 9 Surakarta tahun ajaran 2015/2016, (2) faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan Kurikulum 2013 dalam mata pelajaran perhiasan (jewellery) kelas XI program keahlian kriya logam SMK Negeri 9 Surakarta tahun ajaran 2015/2016, dan (3) Hasil karya siswa.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan adalah informan yang dipilih yaitu Drs. Bambang Kusnendar, selaku guru pengampu mata pelajaran perhiasan (jewellery) di SMK Negeri 9 Surakarta dan siswa kelas XI program keahlian kriya logam di SMK Negeri 9 Surakarta, serta dokumen. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi langsung, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Uji validitas data yang digunakan adalah triangulasi data dan informant review. Analisis data yang digunakan adalah model mengalir atau flow model of analysis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pelaksanaan Kurikulum 2013 dalam mata pelajaran perhiasan (jewellery) kelas XI program keahlian kriya logam SMK Negeri 9 Surakarta tahun ajaran 2015/2016 pada mata pelajaran perhiasan telah menggunakan kurikulum 2013. Kurikulum 2013 diimplementasikan pada proses belajar mengajar yang terdiri dari silabus, materi pembelajaran, sumber belajar, media pembelajaran, metode, dan evaluasi pembelajaran. Guru mengacu pada kurikulum 2013 dengan menggunakan strategi pembelajaran menggunakan pendekatan scientific yang meliputi mengamati, menanya, mencoba, mengasosiasikan dan mengkomunikasikan. Media pembelajaran yang digunakan dalam proses pembelajaran seperti penambahan fasilitas komputer dan LCD proyektor. Metode yang digunakan guru beraneka ragam meliputi metode ceramah, metode demonstrasi, metode tanya jawab, metode pemberian tugas (resitasi), dan metode diskusi yang saling berkaitan dalam tercapainya tujuan, sehingga siswa tidak cepat merasa bosan. Evaluasi merujuk pada tujuan pembelajaran kurikulum 2013 yang mencakup tiga aspek penilaian dengan penilaian tes tertulis, hasil karya berupa tugas praktik, dan lembar pengamatan peserta didik. (2) Faktor Pendukungnya meliputi: tersedianya tempat praktek, dan alat, bahan baku dengan memanfaatkan barang bekas, seperti kawat dari bekas trafo, tembaga, kuningan. (3) Hasil karya siswa berupa cincin bermata satu dan bermata dua.
Kata kunci: implementasi, kurikulum 2013, seni kriya, proses pembelajaran

×
Penulis Utama : Ariani Sukma Anjari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3212010
Tahun : 2016
Judul : Implementasi Kurikulum 2013 Mata Pelajaran Perhiasan (Jewellery) Kelas XI Program Studi Keahlian Kriya Logam SMK Negeri 9 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Seni Rupa
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP Jur. Pendidikan Seni Rupa-K.3212010-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Mulyanto, M.Pd.
2. Lili Hartono, S.Sn., M.Hum
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.