Penulis Utama : Rara Ayu Sekar Langit
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S231408001
Tahun : 2016
Judul : Penyuluh Sebagai Komunikator Program Keluarga Berencana (Studi Kasus Karakter dan Atribusi Penyuluh sebagai Komunikator Program Keluarga Berencana di Kabupaten Sukoharjo)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2016
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Pascasarjana Progdi. Ilmu Komunikasi-S.231408001-2016
Subyek : KOMUNIKATOR
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Beberapa dekade ini Program Keluarga Berencana mengalami kemajuan yang stagnan. Di dalam sebuah penyuluhan, komunikator memegang peran penting. Efektifitas komunikasi bergantung pada siapa dan bagaimana pesan disampaikan. Di dalam berkomunikasi seorang komunikator dipengaruhi oleh karakter yang dia miliki. Karakter mempengaruhi perilaku dan juga cara pandang seseorang termasuk bagaimana dia menilai orang lain. Atribusi dilakukan untuk memprediksi karakter dari orang lain. Atribusi membantu seseorang di dalam proses memprediksi karakter orang lain. Proses ini membantu kita mampu menyesuaikan pola komunikasi kita dengan lawan bicara.

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana karakter dan atribusi penyuluh sebagai komunikator Program Keluarga Berencana di Kabupaten Sukoharjo. Dengan metode studi kasus, penelitian ini dilakukan di Kecamatan Kartasura dan Kecamatan Gatak. Teknik sampling yang dilakukan adalah purposive jenis maximum variation sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara kepada 9 orang informan. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan memadukan proses analisis data dari Miles dan Huberman dengan Spradley dan Yin. Untuk validitas data, penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber.

Hasil dari penelitian menunjukan bahwa petugas penyuluh Program Keluarga Berencana memiliki karakter cerdik, greteh, grapyak, dan bersimpati. Dari karakter tersebut ditemukan bahwa petugas penyuluh kurang memiliki motivasi dan tidak proaktif di dalam pekerjaan mereka. Selanjutnya untuk analisis atribusi terhadap audiens, atribusi dilakukan dengan melihat lokasi penyuluhan dan audiens itu sendiri.

Kata kunci: KB, komunikator, karakter, atribusi

 

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB 0.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
rara.jpg
JURNAL.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Widodo Muktiyo
2. Dra. Prahastiwi Utari, M. Si., Ph. D
Catatan Umum :
Fakultas : Pascasarjana