Penulis Utama : Ahsan Musthafa Shidiq
NIM / NIP : I1114003
×

Damar aspal (Daspal) adalah bahan pengganti aspal yang tanpa menambahkan komposisi aspal didalamnya, karena daspal berasal dari bahan campuran getah damar, fly ash (abu terbang), lateks dan oli bekas, sehingga cukup layak dikatakan daspal merupakan bahan yang bersifat ramah lingkungan. Bahan getah damar didapat dari potensi alam yang besar dan dapat diperbarui, untuk fly ash sebagai katalisator didapat dari limbah batu bara, kemudian lateks didapat dari getah pohon karet dan oli sebagai pelarut didapat dari oli sisa mesin. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui nilai-nilai karakteristik aspal beton campuran daspal melalui pengujian Marshall, juga mengevaluasi kelayakan daspal modifikasi ini sebagai bahan alternatif campuran aspal beton.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimental dengan langkah awal pengujian berat jenis agregat kasar dan halus, pembuatan benda uji dan pengujian Marshall. Hasil komposisi terbaik penyusun daspal berupa damar serbuk 350 gram, damar murni / bongkahan 100 gram, fly ash 150 gram, oli bekas 230 gram dan lateks sebanyak 4%. Komposisi tersebut dijadikan sebagai bahan pengikat aspal beton untuk pengujian Marshall. Benda uji Marshall dibuat sesuai presentase perhitungan perkiraan awal kadar aspal rencana (Pb) dengan interval 0,5% yang menghasilkan presentase 5% ; 5,5% ; 6% ; 6,5% ; 7% dimana masing-masing presentase terdapat tiga 3 benda uji.
Hasil pengujian Marshall mendapatkan Kadar Damar Aspal Optimum (KAO) pada kadar daspal 6,5% dengan nilai stabilitas sebesar 845 kg, nilai flow sebesar 3,2 mm, nilai Voids in Mineral Aggregate (VMA) sebesar 15,47 %, nilai Voids In Mix (VIM) sebesar 2,29%, nilai Voids Filled with Bitumen (VFB) sebesar 85,17%, nilai kepadatan sebesar 2,359 Ton/m3 dan nilai Marshall Quotient sebesar 270 kg/mm. Evaluasi dari penelitian ini adalah benda uji memenuhi spesifikasi aspal penetrasi dan asbuton kecuali pada nilai VMA dan VIM.
Kata kunci : Damar aspal (Daspal), Marshall, Nilai karakteristik

×
Penulis Utama : Ahsan Musthafa Shidiq
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I1114003
Tahun : 2016
Judul : Studi Karakteristik Marshall Pada Laston (Ac) Dengan Bahan Pengikat Damar Aspal (Daspal) Kombinasi Material Getah Damar, Fly Ash, Oli Bekas dan Lateks
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Teknik - 2016
Program Studi : S-1 Teknik Sipil Non Reguler
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Teknik Jur. Teknik Sipil-I.1114003-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ir. Ary Setyawan, M.T., Ph.D.
2. S. Jauhari Legowo, S.T., M.T.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.