Penulis Utama : Mirawati Andhikarini
NIM / NIP : S431408011
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor–faktor yang mempengaruhi penerapan akuntansi akrual pada Pemerintah Kabupaten Magetan dan bagaimana penerapannya pada Pemerintah Kabupaten Magetan. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode riset campuran sekuensial eksplanatoris.

Hasil penelitian kuantitatif dengan metode survei terhadap pengelola keuangan yang dianalisis menggunakan analisis faktor eksploratori menemukan delapan faktor yang mempengaruhi penerapan akuntansi berbasis akrual pada Pemerintah Kabupaten Magetan, yaitu: sumber daya manusia dan sistem informasi, sistem pengendalian internal, karakteristik entitas, sosialisasi/pelatihan, komitmen pimpinan, regulasi, pemanfaatan teknologi informasi, dan kecukupan jumlah sumber daya manusia. Kedelapan faktor tersebut mampu menjelaskan 64,79% dari seluruh variasi. Hasil penelitian kualitatif dengan analisis tematik menjelaskan bahwa dari delapan faktor tersebut, sumber daya manusia dan sistem informasi merupakan kendala terbesar yang dihadapi oleh Pemerintah Kabupaten Magetan.

Secara keseluruhan, disimpulkan bahwa penerapan akuntansi berbasis akrual pada Pemerintah Kabupaten Magetan masih bersifat normatif, sekedar menggugurkan kewajiban. Inovasi kreatif harus dimunculkan sebagai wujud nyata komitmen Pemerintah Kabupaten Magetan mensukseskan penerapan akuntansi berbasis akrual.    

Kata kunci: akuntansi akrual,  pemerintah daerah, metode riset campuran sekuensial eksplanatoris, analisis faktor exploratori, analisis tematik

 

×
Penulis Utama : Mirawati Andhikarini
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S431408011
Tahun : 2016
Judul : Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penerapan Akuntansi Berbasis Akrual Pada Pemerintah Kabupaten Magetan: Pendekatan Mixed Method
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2016
Program Studi : S-2 Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Pascasarjana Progdi. Akuntansi-S.431408011-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Payamta, M.Si., CPA, Ak
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.