Penulis Utama : Afina Septi Rahayu
NIM / NIP : K8412002
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi sosial ekonomi yang dilakukan single mother sebagai orangtua tunggal dalam mempertahankan kelangsungan hidup keluarganya di Desa Cepokosawit.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif untuk menghasilkan dan mengolah data penelitian yang sifatnya deskriptif, seperti transkrip wawancara dan observasi. Populasi dalam penelitian ini adalah semua warga perempuan di Desa Cepokosait, Kecamatan Sawit, Boyolali. Informan yang terpilih adalah beberapa single mother di Desa Cepokosawit. Teknik pengambilan informan dilakukan menggunakan teknik purposive sampling berdasarkan kriteria tertentu, yaitu (1) informan adalah seorang single mother yang telah berpisah dengan suaminya minimal selama 4 tahun; (2) mempunyai tanggungan anak yang masih sekolah dan belum menikah; (3) berasal dari keluarga menengah kebawah. Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik wawancara dan observasi dengan cara mengamati kehidupan single mother selama beberapa hari dalam menjalankan perannya di keluarga. Uji validitas data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Teknik analisis data dilakukan dengan cara pengumpulan data, reduksi data (data reduction), sajian data (data display) dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data (conclution drawing).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama, strategi sosial yang ditunjukkan oleh single mother adalah dengan tinggal bersama orangtua untuk menghindari tekanan sosial di masayarakat, melibatkan orangtua dalam hal pengasuhan anak ketika single mother bekerja, mengikuti berbagai kegiatan di masyarakat untuk menghilangkan kesan buruk terhadap single mother dan bersikap mandiri dalam membesarkan dan mengasuh anak tanpa keterlibatan dari mantan suami. Kedua, strategi adaptasi ekonomi pada keluarga single mother nampak pada bagaimana mereka menyelaraskan antara jumlah pendapatan dengan kebutuhan hidup keluarga setiap harinya dan mensiasati biaya tempat tinggal dengan cara kembali tinggal bersama orangtua. Bentuk perencanaan ekonomi juga terlihat dari cara single mother menabung, menyisihkan sebagaian pendapatannya sedikit demi sedikit yang bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan pendidikan anaknya dan digunakan untuk kebutuhan yang mendesak.
Kata Kunci : single mother, adaptasi, Talcott Parsons, konsep AGIL

×
Penulis Utama : Afina Septi Rahayu
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8412002
Tahun : 2016
Judul : Strategi Adaptasi Sosial Ekonomi Menjadi Single Mother (Studi Deskriptif Kualitatif Perempuan Single Mother di Desa Cepokosawit Kecamatan Sawit Kabupaten Boyolali)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Sosiologi Antropologi
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP Jur. Pendidikan Sosiologi Antropologi-K.8412002-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Siany Indria Liestyasari, S.Ant.,M.Hum
2. Dr. rer.nat. Nurhadi, S.Ant.,M.Hum
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.