Penulis Utama : Fatimah Pratiwi
NIM / NIP : K5412031
×

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) perbedaan hasil belajar geografi yang menggunakan model Bamboo Dancing, Inside-Outside Circle, dan Ekspositori; (2) perbedaan hasil belajar geografi yang menggunakan model Bamboo Dancing dan Ekspositori; (3) perbedaan hasil belajar geografi yang menggunakan model Inside-Outside Circle dan Ekspositori; (4) perbedaan hasil belajar geografi yang menggunakan model Bamboo Dancing dan Inside-Outside Circle.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 2 Sukoharjo tahun ajar 2015/2016. Sampel dalam penelitian adalah kelas XI IPS 2, XI IPS 3, dan XI IPS 4 dengan teknik pengambilan simple random sampling. Penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain penelitian posttest only control group design. Pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji anava satu arah menggunakan metode Scheffe’ dengan taraf signifikan 0,5%.
Hasil penelitian adalah sebagai berikut ini. (1) terdapat perbedaan hasil belajar geografi yang menggunakan model Bamboo Dancing, Inside-Outside Circle, dan Ekspositori. (2) hasil belajar geografi yang menggunakan model Bamboo Dancing lebih baik dibandingkan model Ekspositori; (3) hasil belajar geografi yang menggunakan model Inside-Outside Circle sama baiknya dengan model Ekspositori; (4) hasil belajar geografi yang menggunakan model Bamboo Dancing lebih baik dibandingkan model Inside-Outside Circle.
Kata Kunci: Bamboo Dancing, Inside-Outside Circle, Hasil Belajar Geografi

×
Penulis Utama : Fatimah Pratiwi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5412031
Tahun : 2016
Judul : Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Bamboo Dancing dan Inside-Outside Circle Terhadap Hasil Belajar Geografi Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Sukoharjo Tahun Ajaran 2015/2016 (Pada Topik Bahasan Pencemaran, Perusakan, dan Resiko Lingkungan)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Geografi
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP Jur. Pendidikan Geografi-K.5412031-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Sarwono, M.Pd.
2. Singgih Prihadi, S.Pd., M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.