Penulis Utama : Ginanjar Prasetyo
NIM / NIP : K4611048
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Teaching Games For Understanding pada permainan bolavoli dan membandingkan model pembelajaran Teaching Games For Understanding dengan pendekatan konvensional dalam meningkatan keterampilan passing atas bolavoli  siswa kelas XI RPL dan AP SMK Murni 2 Surakarta Tahun Ajaran 2015/ 2016.

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen kuasi. Penelitian dilaksanakan dengan desain Pretest-Postest Non-Equivalent Control Group.Subjek penelitian adalah siswa kelas XI RPL dan AP SMK Murni 2 Surakarta yang berjumlah 28 siswa. Dalam penelitian ini terdapat dua kelompok, yaitu kelompok kontrol sebanyak 15 siswa dan kelompok eksperimen sebanyak 13 siswa. Teknik pengumpulan data dengan tes membuat keputusan taktik dan pelaksanaan keterampilan yaitu dengan GPAI (Game Performance Assesment Instrument) dan lembar observasi atau lembar pengamatan.

Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan sebagai berikut: (1) Keefektifan penerapan model pembelajaran  Teaching Games For Understanding untuk meningkatkan keterampilan passing atas bolavoli dilihat dari analisis perbandingan hasil skor posttest. Siswa kelompok eksperimen termasuk dalam kategori baik sekali yaitu sebanyak 2 siswa,kategori baik sebanyak 5, kategori cukup sebanyak 6 siswa dan tidak ada siswa kategori rendah. Data observasi pada kelompok kontrol kategori baik yaitu sebanyak 3 siswa, kategori cukup sebanyak 11 siswa, kategori rendah sebanyak 1 siswa. (2) Dari segi produk, hasil perhitungan statistik deskriptif bahwa kelompok eksperimen yang diberi perlakuan TGFU mempunyai nilai rata-rata pretest 74,15 dan meningkat menjadi 80,62 pada nilai posttest. Sedangkan pada kelompok kontrol yang diberi perlakuan pembelajaran konvensional rata-rata nilai pretest 73,33 dan meningkat menjadi 76,73 pada nilai posttest.

Berdasarkan hasil uji kesamaan dan uji kesejajaran ternyata dua model regresi linier tidak sama, namun sejajar. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan efektifitas keterampilan passing atasbolavoli antara Teaching Games For Understanding dengan pendekatan konvensional. Koefisien regresi kelompok eksperimen adalah 1,245. Koefisien ini lebih besar dari Koefisien regresi kelompok kontrol yaitu 1,075 Secara geometris garis regresi kelompok eksperimen diatas garis regresi kelompok kontrol. Hal ini menunjukkan bahwa hasil keterampilan passing atas bolavoli dengan Teaching Games For Understanding lebih baik dibanding menggunakan pendekatan konvensional.

Kata kunci:Teaching Games For Understanding, keterampilan bermain bolavoli, hasil belajar

×
Penulis Utama : Ginanjar Prasetyo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4611048
Tahun : 2016
Judul : Pengaruh Model Pembelajaran Teaching Games for Understanding Terhadap Hasil Belajar Passing Atas Bolavoli Pada Siswa Kelas XI RPL dan AP SMK Murni 2 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP Jur. Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi -K.4611048-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Hanik Liskustyawati, M.Kes
2. Sri Santoso Sabarini, S.Pd.,M.Or.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.