Penulis Utama : Lusi Kusumadewi
NIM / NIP : D0208009
×

Salah satu acara di televisi yang mempunyai manfaat yang berguna bagi pemirsanya adalah program acara dr. Oz Indonesia yang di tayangkan di stasiun televisi Trans TV. dr. Oz Indonesia adalah acara yang bertema tentang kesehatan. salah satu fungsi media televisi yaitu sebagai media hiburan dan informasi yang terdapat dalam program-programnya yang berdampak positif untuk memperoleh pengatahuan, khususnya pengetahuan kesehatan.

Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mendeskripsikan dan menganalisis pengaruh menonton program siaran dr. OZ Indonesia di Trans TV terhadap pengetahuan kesehatan masyarakat Kelurahan Baturan, Kecamatan Colomadu, Karanganyar dan mengetahui besar kontribusi menonton program siaran dr. OZ Indonesia di Trans TV terhadap pengetahuan kesehatan masyarakat Kalurahan Baturan, Kecamatan Colomadu, Karanganyar.

Jenis penelitian yang di gunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Kalurahan Baturan, Kecamatan Colomadu, Karanganyar.Jumlah populasi tidak mempunyai jumlah yang tetap atau disebut invinite. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu teknik incidental sampel, artinya sampel diambil saat dilakukan penelitian dilakukan sampai jumlah data yang diperlukan terkumpul, diperoleh data sebanyak 47 orang. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner atau angket.

Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu: (1) Menonton siaran acara Dr. Oz Indonesia di Trans TV berpengaruh secara signifikan terhadap pengetahuan kesehatan pada masyarakat di Kelurahan Baturan, Kecamatan Colomadu, Karanganyar yang dibuktikan dengan nilai thitung > ttabel atau 2,181 >1,683, sehingga dapat dikatakan bahwa menonton Dr. Oz Indonesiadi Trans TV mampu meningkatkan taraf pengetahuan masyarakat mengenai kesehatan dan cara hidup sehat. (2) Tingkat signifikasi menunjukan bahwa variabel pengetahuan kesehatan mendapat pengaruh dari variabel menonton siaran acara Dr. Oz Indonesia sebesar 9,6%, sedangkan sisanya (100% - 9,6% = 90,4%) dijelaskan oleh sebab-sebab lain, misalnya pendidikan, minat, atau lingkungan. 

Kata kunci: Program Siaran dr. OZ Indonesia, Pengetahuan Kesehatan

×
Penulis Utama : Lusi Kusumadewi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0208009
Tahun : 2016
Judul : Program Siaran Televisi dan Pengetahuan Masyarakat (Pengaruh Program Siaran dr. OZ Indonesia di Trans TV Terhadap Pengetahuan Kesehatan Masyarakat Kelurahan Baturan, Kecamatan Colomadu, Karanganyar)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. ISIP - 2016
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi
Kolasi :
Sumber : UNS-F. ISIP Jur. Ilmu Komunikasi-D.0208009-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Haryanto, M.Lib
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.