Penulis Utama : Gharmadyuti Sindhu Darana
NIM / NIP : D0211047
×

ABSTRAK

GHARMADYUTI SINDHU DARANA, D0211047, PERSEPSI MAHASISWA DESAIN KOMUNIKASI VISUAL UNS TERHADAP GRAFFITI SEBAGAI PESAN SOSIAL (Studi Tentang Persepsi Mahasiswa Desain Komunikasi Visual Uns Terhadap Graffiti Sebagai Pesan Sosial Di Kota Surakarta)
Komunikasi Visual tidak serta merta hanya mampu memberikan pemecahan terhadap permasalahan yang ada hanya berkaitan dengan eksekusi visual, namun juga mampu memilih media yang tepat dan relevan untuk membangun komunikasi dengan masyarakat. Seni Graffiti adalah salah satu media yang mempunyai tujuan untuk menyampikan pesan secara visual dari diri sendiri ataupun kelompok. Dalam kenyataanya seni Graffiti masih di persepsikan sebagai bentuk hal yang negative atau mengarah ke bentuk vandalisme. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana persepsi graffiti sebagai pesan sosial  terhadap persepsi vandalisme di kalangan mahasiswa desain komunikasi visual UNS. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus. Sumber data dalam penelitian ini adalah mahasiswa Desain Komunikasi Visual UNS. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampel bertujuan (purposive sampling). Penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber data. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa : Pertama, seni graffiti sebagai pesan sosial tidak bisa dipersepsikan sebagai salah satu bentuk aksi vandalisme. Kedua, graffiti juga sudah menjadi seni kontemporer atau seni melukis yang bisa dinikmati. Adanya perubahan tujuan dari seni graffiti untuk mengarah dan menghasilkan sebuah hal yang positif.


Kata kunci: Graffiti sebagai pesan sosial, Persepsi, Vandalisme

×
Penulis Utama : Gharmadyuti Sindhu Darana
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0211047
Tahun : 2016
Judul : Persepsi Terhadap Graffiti Sebagai Pesan Sosial (Studi Tentang Persepsi Mahasiswa Desain Komunikasi Visual UNS Terhadap Graffiti Sebagai Pesan Sosial di Kota Surakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak.ISIP - 2016
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak.ISIP Jur.Ilmu Komunikasi - D0211047 - 2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Aryanto Budhy Sulihyantoro, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.