Penulis Utama : Diagal Wisnu Pamungkas
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : M0411013
Tahun : 2016
Judul : Uji Toksisitas Ekstrak Buah Debregeasia Longifolia (Burm.F.) Wedd. Terhadap Larva Artemia Salina Leach. Dengan Metode Brine Shrimp Lethality Test (BSLT)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak.MIPA - 2016
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak.MIPA Jur.Biologi - M0411013 - 2016
Subyek : DEBREGEASIA
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK

Debregeasia longifolia (Burm.f.) Wedd.  merupakan tumbuhan perdu yang banyak ditemukan di hutan sekunder pegunungan mulai dari 500-2600 mdpl. Tumbuhan ini memiliki kandungan metabolit sekunder seperti fenol, flavonoid, alkaloid, terpenoid dan  saponin yang berpotensi sebagai antikanker. Alkaloid merupakan senyawa polifenol yang dikenal memiliki aktivitas antikanker. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui potensi senyawa bioaktif ekstrak buah  D. longifolia (Burm.f.) Wedd. dari Gunung Lawu dan toksisitasnya terhadap Artemia salina Leach. serta profil Kromatografi Lapis Tipis (KLT).

Buah D. longifolia (Burm.f.) Wedd. diekstrak dengan metode maserasi, kemudian diuji toksisitasnya dengan metode Brine Shrimp Lethallity Test (BSLT) menggunakan konsentrasi 400 µg/mL, 200 µg/mL, 100 µg/mL, 50 µg/L dan 25 µg/mL. Efek toksisitas ekstrak buah D. Longifolia (Burm.f.) Wedd.  dianalisis dengan menghitung LC50 selama 24 jam perlakuan. Masing-masing perlakuan menggunakan 10 ekor larva A. salina Leach. Nilai LC50 ditentukan dari persentase larva A. salina Leach. yang mati pada setiap konsentrasi pengujian. Kandungan senyawa bioaktif dideteksi dengan reagen semprot spesifik untuk mengetahui profil KLT-nya.

Hasil penelitian menunjukkan nilai LC50 ekstrak kloroform buah D. longifolia (Burm.f.) Wedd.  bernilai 83,34 µg/mL, hal ini menunjukkan bahwa ekstrak tersebut bersifat antikanker. Uji kandungan senyawa dengan metode KLT menunjukkan bahwa ekstrak kloroform buah D. longifolia (Burm.f.) Wedd.  positif mengandung senyawa alkaloid yang bersifat antikanker.

 

Kata kunci :   Debregeasia longifolia, BSLT, KLT, maserasi 

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Doc14.pdf
Cover.pdf
bab 1.pdf
bab 2.pdf
bab 3.pdf
bab 4.pdf
bab 5.pdf
Referensi.pdf
File Dokumen : jurnal.pdf
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Okid Parama Astirin, M.S
2. Dr. Tetri Widiyani, M.Si.,
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. MIPA