Penulis Utama : Chairuddin
NIM / NIP : S891302012
×

ABSTRAK

Chairuddin. S891302012. 2016. Code-switching in English as foreign language classrooms: its implication to the students’ speaking achievement in English (socio-pragmatic approach) (A Case Study at sixth semester on English department of STKIP PGRI Bangkalan in the academic year of 2015/2016). First Consultant: Prof. Dr. Joko Nurkamto, M.Pd. Second Consultant: Dra. Dewi Rochsantiningsih, M.Ed, Ph.D. A thesis. Surakarta: English Education Department. Graduate Program of Teacher training and education Faculty, Sebelas Maret University, Surakarta.

 Penelitian ini bertujuan untuk (1) menjelaskan tentang alih kode yang dilakukan oleh dosen, (2) meamaparkan alih kode yang dilakukan oleh mahasiswa, dan (3) menejalaskan keterlibatan dari alih kode terhadap kemampuan berbicara mahasiswa di dalam kelas pengajaran bahasa asing. Peneliti mengambil mahasiswa dan seorang dosen sebagai subjek penelitian di semester enam. Jenis penelitian ini adalah penelitian studi kasus. Data yang diambil melalui observasi, interview, dan questionnaire.  Temuan yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu baik dosen ataupun mahasiswa melakukan alih kode dalam bentuk inter-sentential, intra-sentential, dan tag-switching. Faktor-faktor yang menyebakan adalah dari pemahaman mahasiswa, perubahan topic, kebijakan kampus, dosen, dan mahasiswa itu sendiri. Sedangkan pola bahasa yang mereka gunakan di dalam kelas ketika melakukan alih kode yaitu kata, frase, dan kalimat. Peneliti juga menemukan bahwa alih kode mempunyai keterlibatan di dalam kemampuan berbahasa mahasiswa di dalam kelas berbicara. Dan dapat disimpulkan bahwa dosen dan mahasiswa menggunakan alih kode agar supaya di dalam proses belajar menjadi menyenangkan dan mudah dipahami, alih kode yang mereka lakukan adalah dari bahasa Inggris ke bahasa Indonesia.

 

Keywords: study kasus, alih kode, bahasa Inggris, kemampuan berbicara mahasiswa.

 

×
Penulis Utama : Chairuddin
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S891302012
Tahun : 2016
Judul : Code-Switching In English As Foreign Language Classrooms: Its Implication To The Students’ Speaking Achievement In English (Socio-Pragmatic Approach)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak.KIP - 2016
Program Studi : S-2 Pendidikan Bahasa Inggris
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak.KIP Jur.Pendidikan Inggris - S891302012 - 2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Joko Nurkamto, M.Pd
2. Dra. Dewi Rochsantiningsih, M.Ed, Ph.D
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.