Penulis Utama : Atika Cahyaningsih
NIM / NIP : K8112013
×

ABSTRAK

Atika Cahyaningsih. K8112013. PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE MAKE A MATCH TERHADAP KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA KELOMPOK B TK NEGERI PEMBINA SURAKARTA TAHUN 2015/2016. Skripsi, Surakarta : Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juni 2016. 
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Kooperatif tipe Make a Match terhadap kemampuan membaca permulaan pada kelompok B1 TK Negeri Pembina Surakarta. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Populasi dan sampel dalam penelitian ini berjumlah 27 anak. Teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes unjuk kerja, observasi, wawancara dan dokumentasi. Validitas instrumen menggunakan construct validity dan product moment pearson correlation. Reliabilitas instrumen menggunakan alpha cronbach’s. Teknik analisis data menggunakan uji prasyarat dan uji t yang diolah menggunakan SPSS. 15 for windows. 
Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kemampuan membaca permulaan kelompok eksperimen pada saat pretest adalah 34,78 dan pada saat postest 43,96 dengan signifikansi 0,000 < 0,05. Dari hasil tersebut dapat dilihat adanya perbedaan yang signifikan pada kelompok eksperimen sebelum dan sesudah diberikan perlakuan berupa model pembelajaran Kooperatif tipe Make a Match. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Kooperatif tipe Make a Match berpengaruh signifikan terhadap kemampuan membaca permulaan pada anak kelompok B1 TK Negeri Pembina Surakarta. 

Kata kunci : model pembelajaran Make a Match, kemampuan membaca permulaan, pendidikan anak usia dini. 

×
Penulis Utama : Atika Cahyaningsih
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K8112013
Tahun : 2016
Judul : Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Kemampuan Membaca Permulaan Pada Kelompok B Tk Negeri Pembina Surakarta Tahun 2015/2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak.KIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Anak Usia Dini
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak.KIP Jur.Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing :
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.