Penulis Utama : Kartono
NIM / NIP : K4612085
×

ABSTRAK

Kartono. UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR GERAK DASAR LOMPAT MENGGUNAKAN ALAT BANTU PEMBELAJARAN SEDERHANA PADA SISWA KELAS VD SD DJAMA’ATUL ICHWAN SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2015/2016, Skripsi. Surakart: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta,   2016.

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan gerak dasar lompat menggunakan alat bantu pembelajaran sederhana pada siswa kelas VD SD Djama’atul Ichwan Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas VD SD Djama’atul Ichwan Surakarta yang berjumlah 34 siswa yang terdiri dari 17 siswa putra dan 17 siswa putri. Sumber data bersal dari guru, peserta didik dan peneliti. Teknik pengumpulan data dengan observasi, penilaian dan dokumentasi. Validitas data mengunakan teknik triangulasi data. Analisis data menggunakan teknik deskriptif yang didasarkan pada analisis kualitatif dengan prosentase.

Dari hasil penelitian ini analisis yang diperoleh dari kondisi awal siswa yang tuntas hanya 12 siswa atau 35,28%, di siklus pertama siswa yang tuntas menjadi 19 siswa atau 55,83% dan siklus kedua siswa yang tuntas menjadi 29 siswa atau 85,28% sedangkan 5 siswa lainnya yang belum tuntas.

Simpulan dari penelitian ini adalah dengan menggunakan alat bantu pembelajaran sederhana dapat meningkatkan hasil belajar gerak dasar lompat pada siswa kelas VD SD Djama’atul Ichwan Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016.

 

Kata kunci:  Hasil belajar gerak dasar lompat menggunakan alat bantu pembelajaran sederhana.

×
Penulis Utama : Kartono
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4612085
Tahun : 2016
Judul : Upaya Peningkatan Hasil Belajar Gerak Dasar Lompat Menggunakan Alat Bantu Pembelajaran Sederhana Pada Siswa Kelas Vd SD Djama’atul Ichwan Surakarta Tahun Pelajaran 2015/2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak.KIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak.KIP Jur.Penjaskesrek - K4612085 - 2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Waluyo, S.Pd., M.Or.
2. Rony Syaifulloh , S.Pd., M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.