Penulis Utama : Zeny Najib
NIM / NIP : S810908228
×

Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan tujuan untuk mengetahui: (1) manakah diantara model pembelajaran (STAD atau Konvensional) yang menghasilkan prestasi belajar PAI yang lebih baik, (2) manakah Aktivitas siswa (Tinggi, Sedang atau rendah), yang menjadikan prestasi belajar PAI yang lebih baik, (3) pada model pembelajaran manakah yang menghasilkan prestasi belajar PAI yang lebih baik, terhadap siswa yang memiliki aktivitas tinggi, sedang dan rendah.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XII SMK Negeri di Kabupaten Sragen. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik multi state cluster random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi, angket dan tes. Metode dokumentasi digunakan untuk mengetahui nilai Ulangan Akhir Semester mata pelajaran PAI siswa semester Gasal Tahun Pelajaran 2015/2016, dan digunakan untuk uji keseimbangan antara kelas STAD dan Konvensional. Metode angket digunakan untuk mengetahui tipe Aktivitas yang dilakukan siswa. Sedangkan metode tes digunakan untuk mengetahui prestasi belajar PAI siswa pada pokok bahasan Mawaris dalam Islam.
Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama, dengan taraf signifikansi 5 %. Hasil penelitian ini adalah: (1) model pembelajaran STAD memberikan prestasi belajar PAI siswa lebih baik daripada model pembelajaran Konvensional; (2) terdapat perbedaan prestasi belajar yang signifikan antara siswa yang mempunyai aktifitas tinggi dengan sedang, antara aktifitas tinggi dengan rendah dan antara aktifitas sedang dengan rendah; (3) Siswa yang memiliki Aktivitas tinggi memiliki prastasi belajar yang lebih baik dibanding dengan prestasi belajar siswa yang memiliki aktivitas sedang dan rendah, siswa yang memiliki aktivitas sedang memiliki prestasi belajar lebih baik dibanding dengan siswa yang memiliki aktivitas rendah (4) model pembelajaran STAD menghasilkan Prestasi yang lebih baik terhadap siswa yang memiliki aktivitas tinggi sedang dan rendah dibanding dengan pembelajaran konvensional.
Kata Kunci: Model Pembelajaran STAD, Model Pembelajaran Konvensional, Aktifitas Tinggi, Aktivitas sedang, Aktiviyas rendah, Prestasi Belajar PAI.

×
Penulis Utama : Zeny Najib
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S810908228
Tahun : 2016
Judul : Pengaruh Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Student Teams Achievement Divisions (STAD) Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam pada Siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri di Tinjau dari Aktivitas Siswa Tahun Ajaran 2015/2016 (Sebuah studi eksperimen pada SMK Negeri kelas XII Semester 2 di Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2015/2016)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2016
Program Studi : S-2 Teknologi Pendidikan
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Magister Teknologi Pendidikan-S.810908228-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Nunuk Suryani, M.Pd.
2. Dr. Suharno, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.