Penulis Utama : Ayuk Widiyastuti Kurniasari
NIM / NIP : K3312014
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan prestasi belajar dan aktivitas belajar siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Karanganyar menggunakan model pembelajaran Inkuiri Terbimbing.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2015/2016. Sumber data berasal dari guru dan siswa. Teknik pengumpulan data adalah berupa tes dan nontes (observasi, diskusi, wawancara, kajian dokumen dan angket). Analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Karanganyar dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, dilihat dari peningkatan ketuntasan aktivitas belajar siswa dengan kategori aktivitas tinggi dari 0% pada prasiklus menjadi 36% pada siklus I, dan menjadi 75% pada siklus II dan prestasi belajar siswa pada aspek pengetahuan dengan ketuntasan kelas (44,4% menjadi 77,7%), aspek sikap dengan kategori baik dan sangat baik ketuntasan 100% pada siklus I, dan aspek keterampilan dengan ketuntasan kelas 100% pada siklus I.
Kata Kunci: penelitian tindakan kelas, inkuiri terbimbing, prestasi belajar, aktivitas belajar

×
Penulis Utama : Ayuk Widiyastuti Kurniasari
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3312014
Tahun : 2016
Judul : Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2015/2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Kimia
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Kimia-K.3312014-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Widiastuti Agustina E.S., S.Si., M.Si.
2. Dr. Suryadi Budi Utomo, M.Si.,Dr. Suryadi Budi Utomo, M.Si.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.