Penulis Utama : Studyamadyakomunika Linta
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I1114080
Tahun : 2016
Judul : Studi Persepsi Dan Preferensi Pejalan Kaki Terhadap Jalur Pedestrian Di Kawasan Pasar Gede Kota Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak.Teknik - 2016
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak.Teknik Prodi Teknik Sipil - I1114080 - 2016
Subyek : JALUR PEDESTRIAN
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

ABSTRAK 

Studyamadyakomunika Linta, 2016, Studi Persepsi dan Preferensi Pejalan Kaki Terhadap Jalur Pedestrian di Kawasan Pasar Gede Kota Surakarta. Skripsi. Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik, Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Jalur pedestrian merupakan sarana penting bagi masyarakat untuk melakukan kegiatannya dimana jalur pedestrian hendaknya dirancang juga dengan mempertimbangkan karakteristik pejalan kaki agar dapat melakukan perjalanan yang aman, nyaman, dan lancar. Persepsi pejalan kaki terhadap fungsi dan kenyamanan jalur pedestrian sangat mempengaruhi preferensi kenyamanan jalur pedestrian. Penelitian ini dilaksanakan di salah satu kawasan  perdagangan dan pertokoan Surakarta. Tujuan  dari  penelitian  ini adalah menganalisis persepsi pejalan kaki terhadap fungsi jalur pedestrian kawasan Pasar Gede Surakarta, mengetahui persepsi pejalan kaki terhadap kenyamanan kondisi jalur dan fasilitas penunjang yang telah tersedia saat ini di jalur pedestrian kawasan Pasar Gede Surakarta dan menganalisis preferensi pejalan kaki terhadap fungsi jalur pedestrian kawasan Pasar Gede Surakarta.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode analisis deskriptif dengan menggunakan data primer berupa dokumentasi dan kuesioner. Kemudian hasil persepsi dan preferensi pejalan kaki terhadap jalur pedestrian didapatkan dari interval kelas persentase.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa persepsi pejalan kaki terhadap fungsi jalur pedestrian kawasan Pasar Gede Kota Surakarta selain sebagai jalur khusus pejalan kaki, juga sebagai ruang keindahan kota, ruang menunggu kendaraan, ruang untuk bersosialisasi dan ruang untuk berteduh. Dari hasil perhitungan analisis deskriptif persentase menyatakan bahwa kondisi jalur pedestrian dan fasilitas yang tersedia pada sisi Barat dan sisi Utara Cukup Nyaman sedangkan jalur pedestrian sisi Timur dan sisi Selatan Tidak Nyaman. Sedangkan preferensi pejalan kaki hanya menginginkan jalur pedestrian tersebut digunakan sebagai jalur khusus untuk berjalan kaki saja. Mereka sama sekali tidak menginginkan jalur pedestrian tersebut digunakan sebagai tempat PKL maupun parkir kendaraan.

Kata kunci: Persepsi dan Preferensi Pejalan Kaki, Jalur Pedestrian, Kawasan Perdagangan dan Pertokoan

File Dokumen Tugas Akhir : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
Doc45.pdf
Cover.pdf
bab 1.pdf
bab 2.pdf
bab 3.pdf
bab 4.pdf
bab 5.pdf
File Dokumen Karya Dosen : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Amirotul MHM, ST, MSc.
2. Ir. Agus Sumarsono, MT
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik