Penulis Utama : Prima Utama Wardoyo Putri
NIM / NIP : S411408035
×

ABSTRAK 

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh etika kerja Islam, komitmen organisasi, dan sikap terhadap perubahan organisasi pada kinerja karyawan. Komitmen organisasi dalam penelitian ini terdiri atas komitmen afektif, komitmen normatif, dan komitmen continuance. Sampel dalam penelitian ini adalah guru madrasah negeri yang ada di Kabupaten Sragen yang terdiri dari Madrasah Tsanawiah (MTs) dan Madrasah Aliyah (MA). Pengumpulan data dilakukan dengan cara memberi seperangkat pertanyaan atau pertanyaan tertulis kepada responden untuk dijawab (kuesioner). Skala yang digunakan yaitu skala Likert dengan rentang 5 pilihan yang digunakan sebagai pengukuran instrumen kuesioner. Data yang telah terkumpul kemudian diuji konsistensi dan kecermatan alat ukurnya melalui uji validitas dan reliabilitas.

            Alat analisis yang digunakan untuk menguji model tersebut adalah SEM dengan software AMOS. Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa etika kerja Islam tidak berpengaruh positif signifikan terhadap sikap terhadap perubahan dan kinerja. Begitu juga komitmen organisasi juga tidak berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja. Komitmen organisasi berpengaruh positif signifikan terhadap sikap terhadap perubahan organisasi dan sikap terhadap perubahan organisasi berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja. Variable sikap terhadap perubahan organisasi tidak memediasi hubungan antara etika kerja Islam terhadap kinerja dan tidak memediasi hubungan antara komitmen organisasi terhadap kinerja.

            Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka diajukan saran-saran sebagai berikut: (1) Penelitian selanjutnya dibidang yang sama diharapkan mengambil sampel yang lebih luas dan melibatkan madrasah swasta. (2) Sekolah diharapkan memberikan waktu yang lebih banyak dalam melakukan penelitian. (3) Guru diharapkan meningkatkan kesadaran akan pentingnya etika kerja Islam dan komitmen organisasi.

 

Kata kunci: etika kerja Islam, komitmen organisasi, sikap terhadap perubahan organisasi, kinerja.

×
Penulis Utama : Prima Utama Wardoyo Putri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S411408035
Tahun : 2016
Judul : Pengaruh Etika Kerja Islam Dan Komitmen Organisasi Terhadap Kinerja Dengan Sikap Terhadap Perubahan Organisasi Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Sekolah Madrasah Negeri di Kabupaten Sragen)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak.Ekonomi dan Bisnis - 2016
Program Studi : S-2 Manajemen
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak.Ekonomi dan Bisnis Prodi Magister Manajemen - S411408035 - 2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Salamah Wahyuni, SU
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.