Penulis Utama : Tri Utami Sudarsono
NIM / NIP : F3313102
×

ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menilai keefektifan sistem yang digunakan dalam pengajuan klaim BPJS RITL dan penerapan Standar Operasional Prosedur pada unit Penatalaksana Klaim di RS PKU Muhammadiyah Surakarta. Desain penelitian yang digunakan penulis adalah survey dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan studi kepustakaan. Data yang digunakan adalah hasil wawancara dan data sekunder yang bersumber dari Standar Operasional Prosedur Unit Penatalaksana Klaim.

Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa prosedur klaim BPJS RITL di RS PKU Muhammadiyah sudah sesuai SOP. Kesimpulan lain yang dapat diambil bahwa hal yang paling penting adalah pada saat pendaftaran mengenai pasien BPJS dan dokumen persyaratannya, karena yang dapat menghambat pengajuan klaim adalah mengenai kelengkapan dokumen. Hal ini berdampak pada mundurnya pencairan klaim yang akan mempengaruhi finansial rumah sakit.

Penulis menyarankan kepada tiap-tiap unit bagian di RS PKU Muhammadiyah Surakarta untuk saling berkoordinasi dan bekerjasama dalam memberikan pelayanan kesehatan agar prosedur klaim yang dilaksanakan berjalan lancar.

Kata kunci: evaluasi sistem, klaim BPJS, verifikasi klaim BPJS

×
Penulis Utama : Tri Utami Sudarsono
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : F3313102
Tahun : 2016
Judul : Evaluasi Sistem Informasi Akuntansi Klaim BPJS Rawat Inap Tingkat Lanjutan (RITL) Pada Rs Pku Muhammadiyah Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak.Ekonomi dan Bisnis - 2016
Program Studi : D-3 Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak.Ekonomi dan Bisnis Prodi Akuntansi - F3313102 - 2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Isna Putri Rahmawati, SE.,MSc.,Ak.,
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.