Penulis Utama : Endah Ena Pratiwi
NIM / NIP : D1613019
×

ABSTRAK 

Setiap orang membutuhkan komunikasi dalam kehidupan sehari-harinya. Begitu pula dalam sebuah instansi ataupun perusahaan, komunikasi merupakan hal yang sangat penting. Dengan adanya komunikasi, hubungan dalam perusahaan (internal) dan hubungan ke luar perusahaan (eksternal) dapat berjalan dengan baik dan terarah. Hubungan internal dan eksternal harus terbina dan menjadi perhatian utama agar sebuah perusahaan dapat terus mendapatkan perhatian dari stakeholder serta pelanggan sebagai perusahaan yang memiliki citra positif.

Keberadaan divisi Humas di PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daop 6 Yogyakarta merupakan suatu keharusan secara fungsional dan operasional dalam upaya menyebarluaskan atau mempublikasikan tentang suatu kegiatan atau aktivitas instansi bersangkutan yang ditujukan baik untuk hubungan internal maupun kepada hubungan eksternal. Salah satunya dengan meningkatkan citra postif perusahaan, Humas dapat diartikan sebagai jembatan komunikasi penghubung antara pihak dalam perusahaan dan hubungan dengan luar perusahaan. Oleh karena itu, peran Humas di PT KAI (Persero) Daop 6 Yogyakarta sangat diperlukan dalam menjalin hubungan baik dengan pihak internal serta pihak eksternal untuk bisa menjaga dan meningkatkan citra positif perusahaan.

            Kegiatan PT KAI Daop 6 Yogyakarta dalam menjalin hubungan yang baik serta harmonis dengan internal dan eksternal perusahaan sangat di perlukan. Disini seorang Humas mempunyai peran penting dalam membangun dan menjalin hubungan yang bisa menghasilkan feedback (timbal balik) dengan pihak internal perusahaan maupun eksternal perusahaan. PT KAI (Persero) 6 Yogyakarta mempunyai beberapa internal relations diantaranya yaitu karyawan, manager, pemegang saham (stakeholders). Sedangkan eksternal relations PT KAI (Persero) 6 Yogyakarta antara lain yaitu hubungan dengan komunitas, media massa / pers, pelanggan, dan pemerintah.

Sehubungan dengan hal tersebut divisi Humas PT KAI (Persero) Daop 6 Yogyakarta bisa menjadi mediator pendengar kritik dan saran mengenai perusahaan yang kemudian disampaikan kepada pimpinan. Sebagai fasilitator dalam memecahkan masalah perusahaan, Humas PT KAI (Persero) Daop 6 Yogyakarta membantu Kepala Daop (EVP) dalam memecahkan permasalahan yang sedang dihadapi melalui rapat rutin coffee morning. Humas juga berperan dalam pemberi informasi-informasi mengenai perusahaan dengan melalui berbagai media baik untuk internal maupun eksternal perusahaan.

Dalam menjaga hubungan agar tetap berjalan baik dan lancar dengan internal serta eksternal perusahaan, sebuah Humas perusahaan harus terus menerus membina dan memelihara itikad baik dalam berkomunikasi. Tentu tujuan utamanya adalah untuk menciptakan citra positif pada perusahaan tersebut. Pada dasarnya menciptakan citra positif perusahaan menjadi tanggung jawab seluruh komponen, namun secara khusus hal ini menjadi tanggung jawab dan peran seorang Humas di perusahaan. Demikian pula yang terjadi pada Humas PT KAI (Persero) Daop 6 Yogyakarta yang secara khusus mempunyai peran untuk menciptakan citra positif perusahaannya

            Jadi Humas di PT KAI (Persero) Daop 6 Yogyakarta ini sangat mempunyai peran yang dominan dalam upaya menjalin hubungan untuk memperluas tentang sesuatu kegiatan atau aktivitas perusahaan yang bersangkutan yang ditujukan untuk internal maupun eksternal perusahaan. Berdasarkan uraian diatas, maka penulis mengambil judul mengenai Peran Humas PT KAI (Persero) Daop 6 Yogyakarta Dalam Menjalin Hubungan Baik Dengan Internal & Eksternal Perusahaan.

×
Penulis Utama : Endah Ena Pratiwi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D1613019
Tahun : 2016
Judul : Peran Humas PT Kai (Persero) Daop 6 Yogyakarta Dalam Menjalin Hubungan Baik Dengan Internal & Eksternal Perusahaan
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak.ISIP - 2016
Program Studi : D-3 Public Relation
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak.ISIP Prodi Komunikasi Terapan - D1613019 - 2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Deniawan Tomy Candra, S.Sos, M.Si
2. Tri Budi Kus Handaryati, SE, MM
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.