Penulis Utama : Ginanjar Wahyudianto
NIM / NIP : K7112098
×

ABSTRAK

GINANJAR WAHYUDIANTO. UPAYA PENINGKATAN KETERAMPIL-AN MEMBACA DAN MENULIS AKSARA JAWA MENGGUNAKAN MEDIA SIRKUIT PINTAR (Penelitian Tindakan Kelas pada Pembelajaran Bahasa Jawa Siswa Kelas IV SD N Mangkubumen Kulon No. 83 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016). Skripsi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta, Juni 2016.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan membaca dan menulis aksara Jawa siswa kelas IV SD N Mangkubumen Kulon No. 83 Surakarta tahun ajaran 2015/2016. Keterampilan membaca dan menulis difokuskan pada aksara Jawa dan sandhangan panyigeg wanda.

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan selama 2 siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SD N Mangkubumen Kulon No. 83 Surakarta tahun ajaran 2015/2016 dengan jumlah 21 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes dan kajian dokumen. Teknik analisis data yang digunakan adalah model analisis interaktif dan analisis deskriptif komparatif. Teknik validitas data yang digunakan adalah validitas isi dan triangulasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media sirkuit pintar dapat meningkatkan keterampilan membaca dan menulis aksara Jawa. Pada kondisi awal sebelum dilakukan tindakan ketuntasan siswa sebesar 28,57%. Setelah penggunaan media kertas origami pada pelaksanaan siklus I ketuntasan siswa meningkat menjadi 42,86%, dan pada siklus II meningkat menjadi 85,71%. Simpulan penelitian ini adalah penggunaan media sirkuit pintar dapat meningkatkan keterampilan membaca dan menulis aksara Jawa pada siswa kelas IV SD N Mangkubumen Kulon No. 83 Surakarta tahun ajaran 2015/2016.

 

Kata kunci : Sirkuit Pintar, Aksara Jawa, keterampilan membaca dan menulis.

 

×
Penulis Utama : Ginanjar Wahyudianto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7112098
Tahun : 2016
Judul : Upaya Peningkatan Keterampilan Membaca Dan Menulis Aksara Jawa Menggunakan Media Sirkuit Pintar
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak.KIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak.KIP Jur.Ilmu Pendidikan - K7112098 - 2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Drs. Usada, M.Pd
2. Drs. Sutijan, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.