Penulis Utama : Destarita Rahmawati
NIM / NIP : R0313006
×

ABSTRAK

 

Destarita. R0313006. ASUHAN KEBIDANAN PADA BALITA R UMUR 2 TAHUN DENGAN PNEUMONIA DI RSUD SURAKARTA. Program Studi DIII Kebidanan Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret Surakarta 2016.

Latar Belakang : Angka Kematian Balita pada tahun 2014 di Indonesia sebesar 32/1000 kelahiran hidup. Angka kejadian balita sakit dengan pneumonia di RSUD  Surakarta tahun 2015 adalah 10,2% dari 1742 balita sakit.

Tujuan : Untuk mempelajari dan memahami asuhan kebidanan pada balita sakit dengan pneumonia di RSUD Surakarta secara komperhensif.

Metode : Observasional deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian adalah Balita R umur 2 tahun dengan pneumonia di RSUD Surakarta. Pengumpulan data dilakukan secara wawancara, pemeriksaan fisik, observasi langsung dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif, 7 langkah varney.

Hasil : Balita R umur 2 tahun datang dengan keluhan batuk, sesak nafas. Pernafasan 40x/menit, terdapat wheezing, retraksi dada, foto thorax pulmo tampak infiltrat di perihiler kanan – kiri dan parakardial kanan, monosit 19%. Pasien diberikan terapi antibiotik, antipiretik, brokhodilator dan suplemen. Setelah perawatan selama 6 hari kondisi pasien membaik, ditandai dengan nafas 36x/menit, batuk berkurang dan tidak sesak napas, serta tidak terdapat wheezing dan retraksi dada.

Kesimpulan : Balita R umur 2 tahun dengan pneumonia mendapat terapi 6 hari, mengalami perbaikan keadaan umum dan tidak terdapat wheezing serta retraksi dada. Tidak terdapat kesenjangan antara teori dan praktik.

 

Kata kunci : Asuhan Kebidanan, Balita Sakit, Pneumonia.

×
Penulis Utama : Destarita Rahmawati
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : R0313006
Tahun : 2016
Judul : Asuhan Kebidanan Balita Sakit Pada An. R Umur 2 Tahun Dengan Pneumonia Di RSUD Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak.Kedokteran - 2016
Program Studi : D-3 Kebidanan
Kolasi :
Sumber : UNS - Fak.Kedokteran Prodi Kebidanan - R0313006 - 2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Laporan Tugas Akhir (D III)
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. M. Nur Dewi K.,SST., M.Kes
2. Sri Mulyani S.Kep.Ns., M.Kes
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Kedokteran
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.