Penulis Utama : Ahmad Pandhu Prabowo
NIM / NIP : K2512016
×

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui (1) Pengaruh penambahan etanol pada bahan bakar premium terhadap torsi pada mobil Toyota Kijang. (2) Pengaruh pemanasan bahan bakar melalui pipa bersirip radial di dalam upper tank radiator terhadap torsi pada mobil Toyota Kijang. (3) Pengaruh penambahan etanol pada bahan bakar premium dan pemanasan bahan bakar melalui pipa bersirip radial di dalam upper tank radiator terhadap torsi pada mobil Toyota Kijang. (4) Pengaruh penambahan etanol pada bahan bakar premium terhadap daya pada mobil Toyota Kijang. (5) Pengaruh pemanasan bahan bakar melalui pipa bersirip radial di dalam upper tank radiator terhadap daya pada mobil Toyota Kijang. (6) Pengaruh penambahan etanol pada bahan bakar premium dan pemanasan bahan bakar melalui pipa bersirip radial di dalam upper tank radiator terhadap daya pada mobil Toyota Kijang.
Penelitian menggunakan mobil Toyota Kijang 4 silinder, dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif komparatif yaitu dengan cara mendeskripsikan data yang telah terkumpul sebagaimana adanya. Alat penggujian menggunakan dynotest 1200 AWD. Variasi campuran bahan bakar premium dengan kadar etanol 0%, 5%, 10%, 15%, 20%, 25%, dan 30%. Variasi sirip radial dengan jarak antar sirip 1 cm, 2 cm, dan 3 cm.
Hasil penelitian sebagai berikut (1) Terdapat pengaruh penambahan etanol pada bahan bakar premium terhadap torsi pada mobil Toyota Kijang. Torsi tertinggi pada penambahan etanol 15%. (2) Terdapat pengaruh pemanasan bahan bakar melalui pipa bersirip radial di dalam upper tank radiator terhadap torsi pada mobil Toyota Kijang. Torsi dan daya tertinggi diperoleh pada penggunaan radiator dengan pipa bersirip radial 2 cm. (3) Terdapat pengaruh penambahan etanol pada bahan bakar premium dan pemanasan bahan bakar melalui pipa bersirip radial di dalam upper tank radiator terhadap torsi pada mobil Toyota Kijang. Torsi tertinggi diperoleh pada penambahan etanol 5% dan penggunaan radiator dengan pipa bersirip radial 2 cm. (4) Terdapat pengaruh penambahan etanol pada bahan bakar premium terhadap daya pada mobil Toyota Kijang. Daya tertinggi pada penambahan etanol 15%. (5) Terdapat pengaruh pemanasan bahan bakar melalui pipa bersirip radial di dalam upper tank radiator terhadap daya pada mobil Toyota Kijang. Daya tertinggi diperoleh pada penggunaan radiator dengan pipa bersirip radial 2 cm. (6) Terdapat pengaruh penambahan etanol pada bahan bakar premium dan pemanasan bahan bakar melalui pipa bersirip radial di dalam upper tank radiator terhadap daya pada mobil Toyota Kijang. Daya tertinggi diperoleh pada penambahan etanol 5% dan penggunaan radiator dengan pipa bersirip radial 2 cm.
Kata Kunci: Etanol, pipa bersirip radial, torsi, daya, mesin bensin.

×
Penulis Utama : Ahmad Pandhu Prabowo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2512016
Tahun : 2016
Judul : The Effect of Adding Fiber Bendrat in High Quality Concrete With American Concrete Institute (ACI) Method to Shear Strength
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknik Mesin
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP Jur. Pendidikan Teknik Mesin- C.9311025-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Danar Susilo Wijayanto, S.T., M.Eng
2. Ir. Husin Bugis, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.