Penulis Utama : Rini Widarti
NIM / NIP : A121308077
×

ABSTRAK
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kemampuan fisik lansia yang meliputi (1) perbedaan Senam Kesegaran Jasmani, Senam Yoga dan Senam Tai Chi terhadap fleksibilitas pada lansia laki-laki dan perempuan anggota Panti Wredha Dharma Bhakti Surakarta, (2) mengetahui perbedaan Senam Kesegaran Jasmani, Senam Yoga dan Senam Tai Chi terhadap keseimbangan pada lansia laki-laki dan perempuan anggota Panti Wredha Dharma Bhakti Surakarta, (3) mengetahui perbedaan Senam Kesegaran Jasmani, Senam Yoga dan Senam Tai Chi terhadap ketahanan kardiorespirasi pada lansia laki-laki dan perempuan anggota Panti Wredha Dharma Bhakti Surakarta.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian faktorial 2x3. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah lansia anggota Panti Wredha Dharma Bhakti Surakarta. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis varian anava. Teknik Pengumpulan data menggunakan tes chair sit and reach, tes eight foot up and go, dan two minute step test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan fisik pada komponen fleksibilitas pada lansia yang mengikuti Senam Kesegaran Jasmani, Senam Yoga, dan Senam Tai Chi selama 3 bulan memiliki perbedaan antara lansia laki-laki dan perempuan, lansia perempuan memiliki fleksibilitas lebih baik di bandingkan dengan lansia laki-laki dengan rata-rata 2,437 dan lansia laki-laki 0,262. Sedangkan kemampuan fisik pada aspek keseimbangan lansia yang mengikuti Senam Kesegaran Jasmani, Senam Yoga, dan Senam Tai Chi selama 3 bulan memiliki perbedaan antara lansia laki-laki dan perempuan, lansia perempuan memiliki keseimbangan lebih baik di bandingkan dengan lansia laki-laki dengan rata-rata 8,232 dan lansia laki-laki 6,950, yang terakhir kemampuan fisik pada aspek ketahanan kardiorespirasi lansia yang mengikuti Senam Kesegaran Jasmani, Senam Yoga, dan Senam Tai Chi selama 3 bulan memiliki perbedaan antara lansia laki-laki dan perempuan, lansia laki-laki memiliki ketahanan kardiorespirasi lebih baik di bandingkan dengan lansia perempuan dengan rata-rata 82,125 dan lansia perempuan 72,208.
Berdasarkan hasil penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa (1) kemampuan fisik pada aspek fleksibilitas lansia laki-laki dan perempuan anggota Panti Wredha Dharma Bhakti Surakarta memiliki perbedaan setelah mengikuti Senam Kesegaran Jasmani, Senam Yoga, dan Senam Tai Chi selam 3 bulan. xviii

Fleksibillitas dan keseimbangan lansia perempuan lebih baik dibandingkan dengan fleksibilitas dan keseimbangan lansia laki-laki, (2) keseimbangan lansia perempuan lebih baik dibandingkan dengan keseimbangan lansia laki-laki, (3) ketahanan kardiorespirasi lansia laki-laki lebih baik dibandingkan dengan lansia perempuan kerena otot jantung lansia laki-laki lebih tebal dibandingkan dengan perempuan.
Kata Kunci: Senam Kesegaran Jasmani, Senam Yoga, Senam Tai Chi, Lansia, Kemampuan Fisik, Jenis Kelamin

×
Penulis Utama : Rini Widarti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : A121308077
Tahun : 2016
Judul : Perbedaan Pengaruh Senam Kesegaran Jasmani, Senam Yoga dan Senam Tai Chi Terhadap Kemampuan Fisik Lanjut Usia Ditinjau Dari Jenis Kelamin (Studi Eksperimen Fleksibilitas, Keseimbangan dan Ketahanan Kardiorespirasi Pada Anggota Panti Wredha Dharma Bhakti Surakarta).
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2016
Program Studi : S-2 Ilmu Keolahragaan
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prodi. Ilmu Keolahragaan-A121308077-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Sugiyanto
2. Dr. Sapta Kunta Purnama., M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.