Penulis Utama : Mohammad Farkhani
NIM / NIP : D0112059
×

Perhatian pada kesehatan ibu di Indonesia masih kurang. Hal ini dilihat dari angka kematian ibu yang cukup tinggi. Namun di kawasan eks karesidenan Surakarta, Kabupaten Klaten menunjukkan penurunan angka kematian ibu pada tahun  2013 – 2015 yang menandakan adanya inovasi yang dilakukan dalam menekan angka kematian ibu. Inovasi tersebut dilakukan dalam  pelaksanaan gerakan sayang ibu sebagai gerakan masyarakat dan pemerintah, yang dalam hal ini di lakukan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Klaten, guna meningkatkan hidup perempuan yang memberikan dampak pada penurunan angka kematian ibu. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui proses, tipologi dan faktor yang mempegaruhi dalam inovasi gerakan sayang ibu di Kabupaten Klaten.

Metode penelitian yang digunakan adalah adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber data diperoleh melalui wawancara langsung, observasi dan studi dokumen, Pemilihan informan dilakukan dengan teknik purposive. Untuk memenuhi validitas dan reliabilitas data, digunakan triangulansi data. Teknik analisis data yang telah dilakukan selama penelitian di lapangan menggunakan model Analisis Interaktif (Miles-Huberman).

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses inovasi gerakan sayang ibu di kabupaten Klaten telah dilaksanakan melalui tahapan pengembangan, implementasi dan pengecekan. Namun dalam proses inovasi belum dilakukan penyesuaian guna menyebar luasakan inovasi dan merencanakan pengembangan inovasi selanjutnya. Sedangkan, tipologi inovasi gerakan sayang ibu di Kabupaten Klaten merupakan inovasi administratif untuk inovasi Antar Bumil Minta Ampo, yang dibuktikan dengan adanya pengenalan proses pengawasan minum obat (PMO) yang menghasilkan kartu monitor PMO guna meningkatkan produktivitas ibu hamil dalam meminum tablet tambah darah (TTD), dan inovasi implementasi kebijakan dan program untuk inovasi Pergiwa Cantik dan Terampil yang memberikan pelayanan dalam bentuk perawatan gigi dan mulut pada calon pengantin. Disamping itu, dalam pelaksanaan inovasi, terdapat faktor yang mempegaruhi inovasi yang dilihat dari tingkat lingkungan, tingkat organisasi, karakter inovasi, dan tingkat individu dimana faktor – faktor tersebut dapat mendukung maupun manghambat pelaksanaan gerakan sayang ibu di Kabupaten Klaten

Kata Kunci: Inovasi, Gerakan Sayang Ibu.

 

×
Penulis Utama : Mohammad Farkhani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0112059
Tahun : 2016
Judul : Inovasi Gerakan Sayang Ibu di Kabupaten Klaten
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. ISIP - 2016
Program Studi : S-1 Ilmu Administrasi Negara
Kolasi :
Sumber : UNS-F. ISIP Jur. Ilmu Administrasi Negara-D.0112059-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Rina Herlina Haryanti, S.Sos., M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.