Penulis Utama : Pristika Anindya Anggraini
NIM / NIP : K5412061
×

Tujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui perbedaan keefektivan metode kooperatif teknik Two Stay Two Stray, Guide Note Taking dan ceramah tanya jawab terhadap hasil belajar, (2) untuk mengetahui keefektivan metode kooperatif teknik Two Stay Two Stray jika dibandingkan dengan ceramah tanya jawab terhadap hasil belajar, (3) untuk mengetahui keefektifan metode l Guide Note Taking jika dibandingkan dengan ceramah tanya jawab terhadap hasil belajar, dan (4) untuk mengetahui keefektifan metode kooperatif teknik Two Stay Two Stray jika dibandingkan dengan Guide Note Taking terhadap hasil belajar pada materi pelestarian lingkungan hidup dan pembangunan berkelanjutan peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 2 Karanganyar tahun ajaran 2015/2016.
Metode yang digunakan dalam penelitian adalah eksperimen semu (Quasi experimental research). Jenis desain penelitian yang digunakan adalah “Control Group Pretest-Posttest Design”. Populasi penelitian adalah semua kelas XI SMA Negeri 2 Karanganyar. Sampel penelitian merupakan sampel kelas. Kelas Eksperimen diterapkan metode pembelajaran TSTS dan GNT. Kelas kontrol diterapkan metode pembelajaran ceramah.. Sampel tersebut diambil menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi, wawancara, observasi dan tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik inferensial parametrik dengan pengujian hipotesis menggunakan Anava Satu Jalan (one way anava) dan uji lanjut Anava (Uji Scheffe’).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ada perbedaan yang signifikan antara menggunakan model TSTS, GNT, dan Ceramah Tanya Jawab, (2) hasil belajar geografi menggunakan model TSTS lebih baik daripada model Ceramah Tanya Jawab, (3) hasil belajar geografi menggunakan model GNT lebih baik daripada model Ceramah Tanya Jawab, dan (4) hasil belajar geografi menggunakan model TSTS lebih baik daripada model GNT peserta didik kelas XI IPS SMA Negeri 2 Karanganyar Tahun Pelajaran 2015/2016. Hal ini menunjukkan bahwa metode pembelajaran yang paling berpengaruh adalah model TSTS, disusul model GNT dan Ceramah Tanya Jawab.
Kata Kunci : Two Stay Two Stray(TSTS), Guide Note Taking (GNT), Hasil Belajar Geografi

×
Penulis Utama : Pristika Anindya Anggraini
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K5412061
Tahun : 2016
Judul : Efektivitas Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Teknik Two Stay Two Stray (TSTS) dan Guide Note Taking (GNT) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI IPS SMA Negeri 2 Karanganyar Tahun Ajaran 2015/2016 (Sub Pokok Bahasan Kerusakan Lingkungan dan Pembangunan Berkelanjutan)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Geografi
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP Jur. Pendidikan Geografi-K.5412061-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Inna Prihartini. MS
2. Singgih Prihadi, S.Pd, M.Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.