Penulis Utama : Aftoni Heri Septian Pamungkas
NIM / NIP : K2512011
×

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui komposisi kimia, struktur mikro, nilai kekerasan, dan kekuatan impakpada cast wheel aluminium sebelum(raw material) dan sesudah pengelasan menggunakan metode las oksi-asetilin dengan perlakuan preheating dan Post Weld Heat Treatment(PWHT).

Teknik analisa data yang digunakan yaitu deskriptif komparatif. Alat yang digunakan untuk uji komposisi kimia, uji struktur mikro, uji kekerasan dan uji impak adalah Spectrometer Metal Scan, Olympus Metallurgycal Microscope, Vikers Hardness Tester dan Charpy Tester.

Berdasarkan hasil pengujian, dapat disimpulkan bahwa komposisi utama penyusun cast wheel alumunium adalah Si, yaitu 7,41% yang termasuk kedalam paduan aluminium seri AA4343. Hasil uji struktur mikro menunjukkan penurunan luasan fasa Si primer setelah pengelasan. Pada raw material, fasa Si primer terlihat menyebar mengelilingi permukaan fasa <!--[if gte msEquation 12]>?preheating dan PWHTmenunjukkan bahwa fasa Si primer berkurang sehingga fasa <!--[if gte msEquation 12]>?raw material sebesar 103,381 kgf/mm2 menjadi 40,112 kgf/mm2 pada daerah lasan dan sebesar 44,378 kgf/mm2 pada daerah Heat Affected Zone(HAZ). Kekuatan impak menunjukkan sedikit kenaikan, dari sebesar 0,055 joule/mm2 pada rawmaterial menjadi sebesar 0,058 joule/mm2 pada hasil pengelasan. Penelitian ini menunjukkan pengelasan menggunakan oksi-asetilin dengan perlakuan preheating dan PWHT merubah struktur mikro dan berpengaruh pada nilai kekerasan dan kekuatan impak pada cast wheel aluminium.

Kata Kunci: Pengelasan oksi-asetilin, paduan Al-7,41%Si, cast wheel aluminium, preheating dan PWHT

×
Penulis Utama : Aftoni Heri Septian Pamungkas
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K2512011
Tahun : 2016
Judul : Kualitas Repair Welding Menggunakan Metodelas Oksi-Asetilin Dengan Perlakuan Preheating Danpost Weld Heat Treatment Padacast Wheel Aluminium
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. KIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Teknik Mesin
Kolasi :
Sumber : UNS-F. KIP Jur. Pendidikan Teknik Mesin-K.2512011-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Budi Harjanto, S.T., M.Eng
2. Dr. IndahWidiastuti, M.Eng
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.