Penulis Utama : Dwi Setiyadi
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : T.120306004
Tahun : 2016
Judul : Pengembangan Buku Teks Bahasa Inggris Kebidanan dengan Pendekatan Contextual Teaching And Learning pada Program Studi Kebidanan Politeknik Kesehatan, Kementerian Kesehatan Se-Jawa Timur
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2016
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Doktor Linguistik-T.120306004-2016
Subyek : PENGEMBANGAN BUKU TEKS
Jenis Dokumen : Disertasi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Tujuan utama penelitian ini adalah untuk memenuhi kebutuhan buku teks sebagai materi pembelajaran yang dikembangkan sesuai dengan konteks pembelajaran mahasiswa program studi kebidanan. Penelitian pengembangan buku teks ini dilaksanakan berdasarkan pada kelemahan-kelemahan yang terdapat pada materi ajar yang ada pada saat ini, sperti: pertama, topik pembelajaran tidak relevan dengan disiplin ilmu, perawatan dan praktik kebidanan; kedua, materi ajar bersifat artifisial yang dirancang khusus untuk pembelajaran bahasa Inggris; ketiga, metode pembelajaran didominasi dengan metode audiolingual. Sejalan dengan karakteristik buku teks yang digunakan dalam pembelajaran saat ini, ada beberapa praktik pembelajaran yang perlu untuk dikembangkan, yaitu semangat mahasiswa yang rendah untuk mempraktikkan keterampilan berbahasa karena merasa takut membuat kesalahan; teknik pembelajaran yang kurang menyenangkan sehingga menghalangi mahasiswa untuk mengembangkan kemampuannya secara optimal, meskipun semua setuju bahwa bahasa Inggris dianggap penting untuk dipelajari. Pertimabngan-pertimbangan itulah yang digunakan peneliti untuk mengembangkan buku teks, materi pembelajaran, yang diharapkan akan mampu mengurangi ketidakefektifan pembalajaran bahasa Inggris melalui Riset dan Pengembangan.
Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (Borg dan Gall, 1979) yang terbagi dalam empat tahapan, yaitu: pertama, tahap eksplorasi untuk mendapatkan informasi tentang permasalahan terkait dengan ketidakefektifan pembelajaran bahasa Inggris. Kedua, tahap pengembangan, yang mencakup pengembangan proto-model buku teks bahasa Inggris kebidanan. Ketiga, tahap pengujian yang dilakukan dengan uji efektivitas di seluruh program studi kebidanan se Jawa timur. Empat, tahap deseminasi yang digunakan untuk memperkenalkan dan penggunaan buku teks di seluruh program studi kebidanan se Jawa timur melalui penerbitan.
Model yang dikembangkan bisa diulas sebagai berikut: satu, aktivitas pembelajaran yang disarankan dengan buku teks model meliputi strategi pembelajaran dengan pendekatan kontekstual, yang terdiri dari: constructivism, inquiry, quetioning, learning community, modelling, reflection dan authentic assessment. Dua, teknik-teknik pembelajaran yang bisa dikembangkan dalam buku teks meliputi: belajar mandiri, berpasangan, diskusi kelompok, presentasi, konferensi, demonstrasi dan pengembangan diri. Tugas-tugas pembelajaran meliputi: reading comprehension, vocabulary building, writing, grammar dan speaking. Empat, buku teks model menghendaki dosen untuk merancang pembelajaran bahasa Inggris agar terjadinya pembelajaran dengan pendekatan kontekstual.
Kata Kunci: Bahasa Inggris Kebidanan, Pengembangan buku teks, Contextual Teaching and Learning.

File Dokumen Tugas Akhir : Tidak ada file.
File Dokumen Karya Dosen : HALAMAN DEPAN rev-3.pdf
BAB I.pdf
BAB II - desember.pdf
BAB III.pdf
BAB IV-2.pdf
BAB V.pdf
IMG_0011.jpg
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Herman J. Waluyo, M.Pd.
2. Dr. Budhi Setiawan, M.Pd.
3. Prof. Dr. Joko Nurkamto, M.Pd.
Catatan Umum :
Fakultas : Pascasarjana