Penulis Utama : Iqbal Winara
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : M.0411029
Tahun : 2016
Judul : Pemanfaatan Kangkung Air (Ipomea aquatica Forsk.) Untuk Menurunkan Konsentrasi Nitrit, Nitrat dan Amonia Pada Limbah Cair Industri Tahu
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. MIPA - 2016
Kolasi :
Sumber : UNS-F. MIPA Jur. Biologi-M.0411029-2016
Subyek : LIMBAH CAIR INDUSTRI
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Limbah cair hasil industri tahu telah diketahui memiliki kandungan zat organik seperti protein, lemak, karbohidrat serta terdapat pula nitrogen, padatan tersuspensi dan zat padat terlarut. Dalam keadaan di atas batas, senyawa-senyawa tersebut dapat menyebabkan pencemaran pada badan air. Salah satu senyawa dalam limbah tersebut adalah nitrogen (N). Nitrogen di dalam limbah cair industri tahu terdapat dalam bentuk nitrat (NO3-), nitrit (NO2-), dan amonia (NH3). Salah satu tumbuhan yang memiliki potensi dalam mendegradasi senyawa tersebut adalah kangkung air (Ipomea aquatica Forsk). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui biomassa paling efisien dalam menurunkan konsentrasi nitrat, nitrit dan amonia serta mengetahui seberapa besar penurunan konsentrasinya.

Penelitian ini menggunakan metode Rancangan Acak Lengkap (RAL) yaitu biomassa I. aquatica dengan 6 taraf perlakuan dengan 3 kali pengulangan. Variasi biomassa yang digunakan adalah 110, 130, 150, 170, dan 190 gram, serta 0 gr sebagai kontrol. Ipomea aquatica ditanam dalam bak pengujian selama 15 hari dengan dilakukan pengambilan data setiap 3 hari sekali. Parameter yang diukur dalam penelitian ini adalah konsentrasi nitrit, nitrat, dan amonia, serta berat biomassa dari kangkung air. Analisis data menggunakan Analisis Varian (ANAVA). Jika perlakuan memberikan pengaruh yang signifikan atau beda nyata, maka dilanjutkan dengan uji Duncan’s Multiple Ranges Test (DMRT) taraf uji 5% untuk mengetahui letak perbedaan pengaruh antar perlakuan.

Hasil penelitian menunjukkan I. aquatica dapat menurunkan konsentrasi amonia, nitrit dan nitrat di dalam limbah cair industri tahu. Biomassa I. aquatica 190 gr merupakan biomassa terbaik dalam menurunkan konsentrasi amonia dan nitrat, sedangkan penurunan nitrit tidak dipengaruhi oleh penambahan biomassa tetapi lebih dipengaruhi oleh proses nitrifikasi. Pada penelitian berat biomassa, biomassa I. aquatica mengalami penurunan biomassa  selama masa perlakuan, ditandai dengan gejala kelayuan dan tanggalnya bagian – bagian tubuh tumbuhan I. aquatica.

Kata kunci: Ipomea aquatica Forsk., Limbah Cair Industri Tahu, Nitrat, Nitrit, Amonia, Penurunan Konsentrasi

File Dokumen : abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
BAB 0.pdf
BAB I.pdf
BAB II.pdf
BAB III.pdf
BAB IV.pdf
BAB V.pdf
iqbal.jpg
File Dokumen : JURNAL.pdf
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Prabang Setyono, M.Si
2. Ari Pitoyo, S.Si., M.Si
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. MIPA