Penulis Utama : Adrestia Rifki Naharani
NIM / NIP : S021408003
×

Latar Belakang : Usia Balita merupakan masa yang penting karena tidak hanya merupakan masa emas (Golden Periode), jendela kesempatan (window opportunity) tetapi juga masa kritis (critical period).  Dalam masa ini terjadi pertumbuhan dna perkembangan yang maksimal. Program SDIDTK adalah program kegiatan atau pemeriksaan untuk menemukan secara dini adanya penyimpangan tumbuh kembang pada balita dan anak prasekolah. Dengan ditemukan penyimpangan atau masalah tumbuh kembang secara dini, maka intervensi akan lebih muda dilakukan.

Subyek dan Metode : Penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan  wawancara mendalam, observasi dan studi dokumen. Informan dalam penelitian ini terdiri dari 19 orang yaitu bidan puskesmas, Kepala Bidang Anak dan Remaja Dinas kesehatan Tegal, Kepala Puskesmas, Bidan Koordinator Anak dan Remaja Puskesmas dan Ibu yang mempunyai balita dengan gangguan pertumbuhan.

Hasil :Pelaksanan Program SDIDTK di lakukan sejak tahun 2010. Dari sisi komunikasi belum dilaksanakan secara konsisten, Sumber daya yang meliputi pesonel,sarana prasarana dan dana belum memadai. Sikap pelaksana program kurang positif karena program ini dianggap kurang efektif dalam pelaksanaannya. Birokrasi sudah baik karena sudah tersedia buku pedoman dan juga Standar Operasional prosedur (SOP). Pelaksanaan SDIDTK lebih kepada pemeriksaan pertumbuhan, untuk perkembangan masih kurang dilaksanakan. Pelaporan yang dilakukan juga belum sesuai dengan pelaksanaan yang di lakukan.

Kesimpulan : pelaksanaan program SDIDTK di Kabupaten Tegal belum memenuhi kriteria pelaksanaan pemeriksaan SDIDTK sesuai dengan buku pedoman dan Standar Operasional (SOP) yang ada.

Kesimpulan : Program SDIDTK belum dilaksanakan dengan Optimal di Kabupaten Tegal. Haru lebih ditingkatkan lagi motivasi kepada para pelaksana program dan juga sarana prasarana yang ada dalam pelaksanaan program SDIDTK.

Kata kunci : Implementasi, Program SDIDTK, Pertumbuhan dan Perkembangan, 

×
Penulis Utama : Adrestia Rifki Naharani
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S021408003
Tahun : 2016
Judul : Analisis Implementasi Program Stimulasi Deteksi dan Intervensi Dini Tumbuh Kembang Balita di Posyandu Kabupaten Tegal
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2016
Program Studi : S-2 Ilmu Kesehatan Masyarakat
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Pascasarjana Progdi. Ilmu Kesehatan Masyarakat-S.021408003-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Hermanu Joebagio, M.Pd
2. Dr. Adi Prayitno, drg, Mkes
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.