Penulis Utama : Muna Nabila Amatullah
NIM / NIP : C1012028
×

Penelitian ini membahas: (1) Bagaimanakah struktur teks yang membangun puisi Lau Annana> Lam Naftariq dan Lau Tarji'i>n berdasarkan teori struktural 'Abdul Ba>sith 'Abdur-Razaq Badr (1411 H), (2) Apa saja jenis metafora beserta maknanya dalam puisi Lau Annana> Lam Naftariq dan Lau Tarji'i>n.
Tujuan penelitian ini yaitu: (1) Mendeskripsikan struktur teks yang membangun puisi Lau Annana> Lam Naftariq dan Lau Tarji'i>n berdasarkan teori struktural 'Abdul Ba>sith 'Abdur-Razaq Badr (1411 H). (2) Mengungkapkan jenis-jenis metafora beserta maknanya dalam puisi Lau Annana> Lam Naftariq dan Lau Tarji'i>n. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan menguraikan data-data berwujud teks puisi Lau Annana> Lam Naftariq dan Lau Tarji'i>n, yang di dalamnya termuat kata-kata, frasa, dan kalimat. Data tersebut kemudian dideskripsikan sebagai unsur-unsur yang membentuk struktur puisi serta jenis-jenis metafora beserta makna yang terkandung di dalamnya.
Berdasarkan hasil penelitian didapatkan bahwa, Pertama, puisi Lau Annana> Lam Naftariq mengungkapkan kesedihan karena perpisahan yang dialami oleh seorang kekasih dan puisi Lau Tarji'i>n mengungkapkan ratapan kehilangan yang dialami oleh seorang kekasih. Keduanya menggunakan kosa-kata sederhana dan tidak asing, serta struktur kalimat yang fasi>ch dan tidak tana>fur (sulit diucapkan). Kedua, ditemukan 9 jenis metafora sebagaimana yang telah diterangkan oleh Haley dalam puisi Lau Annana> Lam Naftariq dan Lau Tarji'i>n. Jenis metafora yang paling banyak digunakan Farouk Juwaidah adalah jenis metafora manusia (human) sebanyak 16 data. Selain itu penggunaan metafora dalam puisi tersebut menciptakan nilai estetis dan menghidupkan cita rasa sastra yang terkandung di dalamnya.
Kata Kunci: Farouk Juwaidah, Metafora, dan Stilistika.

×
Penulis Utama : Muna Nabila Amatullah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : C1012028
Tahun : 2016
Judul : Metafora pada Puisi Lau Annana Lam Naftariq dan Lau Tarji’in dalam Antologi Puisi Lau Annana Lam Naftariq Karya Farouk Juwaidah (Kajian Stilistika)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Ilmu Budaya - 2016
Program Studi : S-1 Sastra Arab
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Ilmu Budaya Jur. Sastra Arab-C.1012028-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Afnan Arummi, S.H.I., M.A.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ilmu Budaya
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.