Penulis Utama : Tiara Saum
NIM / NIP : D0212099
×

Budaya patriarki menciptakan sebuah konstruksi sosial berupa wanita hanya berperan reproduksi-domestik sedangkan laki-laki berperan sebagai tokoh sentral dalam produksi-publik.Akan tetapi, pembagian peran tersebut menimbulkan ketidakadilanberupa marginalisasi terhadap wanita.Seiring berjalannya waktu, wanita berusaha meningkatkan potensi dan berkontribusi di ranah publik sebagai wanita karier. Media massaadalah agen sosialisasi yang mampu meminimalisir terjadinya marginalisasi. Harian KOMPAS merupakan salah satu produk surat kabar Indonesia yang turut berpartisipasi mengangkat martabat dan nilai wanita. Harian KOMPAS memiliki rubrik feature profile bernama rubrik Persona. Rubrik ini hanya terbit pada hari minggu dan menampilkan satu halaman penuh berisi ulasan sisi lain tokoh diantaranya gagasan atau bidang keahlian.

Penelitian dilakukan untuk mengetahui bagaimana rubrik Personadalam Harian KOMPAS membentuk representasi wanita karier.Penelitian ini adalah penelitian kualititatif yang menggunakan analisis wacana Sara Mills.Teknik analisisdengan perspektif feminis iniberguna untuk menganalisis bagaimana wanita ditampilkandan direpresentasikan di dalam teks.Pengambilan data menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria berupa rubrik yang dipilih memuat tokoh wanita karier.Lalu, kriteria pembaca yang dipilih adalah pembaca yang pernah atau sedang menempuh status mahasiswa danmembaca rubrik Persona.Kriteria dibuat supaya memberikan informasi sesuai dengan maksud penelitian.

Hasil penelitian menunjukkan tokoh utama wanita karier yang ditampilkan oleh rubrik Persona berada pada dua posisi yaitu sebagai objek sekaligus subjek kemudian juga ditemukan bahwapenulis rubrik Personaberada pada posisi subjekdi dalam teks. Representasi wanita karier rubrik Persona adalah wanita dengan peran ganda, gigih, berpendidikan, aktif dalam menentukan tindakan untuk dirinya berdasarkan apa yang ia inginkan, memiliki motif kuat dalam membina karier namun tetap peduli dengan kondisi lingkungan di sekitarnya. Di dalam penelitian ditemukan keluarga memiliki pengaruh terhadap wanita karier seperti peran, motivasi, penanaman minat dan bakat.Selain itu, berdasarkan posisi pembaca baik laki-laki atau wanita mengidentifikasi tokoh sesuai dengan representasi yang disajikan oleh rubrik Persona.Namun masing-masing pembaca memiliki posisi yang berbeda-beda terhadap tokoh wanita yang ditampilkan oleh rubrik Persona.

Kata Kunci :Representasi, Wanita Karier, Surat Kabar

×
Penulis Utama : Tiara Saum
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0212099
Tahun : 2016
Judul : Wanita Dalam Surat Kabar (Representasi Wanita Karier dalam Rubrik Persona Harian KOMPAS Edisi Januari-Februari 2016)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. ISIP - 2016
Program Studi : S-1 Ilmu Komunikasi
Kolasi :
Sumber : UNS-F. ISIP Jur. Ilmu Komunikasi-D.0212099-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Sri Herwindya Baskara Wijaya S.Sos, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.