Penulis Utama : Ninik Rahayu
NIM / NIP : K4412057
×

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berpikir kesejarahan siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 3 Boyolali melalui penerapan metode quantum tipe mind mapping dengan media timeline dalam pembelajaran sejarah.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 3 Boyolali yang berjumlah 32 siswa. Sumber data berasal dari guru, siswa dan proses pembelajaran. Teknik pengumpulan data adalah dengan wawancara, tes, observasi dan dokumentasi. Uji validitas data menggunakan teknik triangulasi, yaitu triangulasi data. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif komparatif. Model penelitian yang digunakan adalah model spiral (Planning, Acting, Observing, dan Reflecting)
Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru mampu menerapkan metode Quantum tipe Mind Mapping dengan media Timeline dalam proses pembelajaran, sehingga proses pembelajaran berjalan dengan baik. Aktivitas guru dalam mengajar prasiklus sebesar 55,68% meningkat menjadi 70,60% pada siklus I dan pada siklus II meningkat menjadi 86,78%. Penerapan metode Quantum tipe Mind Mapping dengan media Timeline dapat meningkatkan kemampuan berpikir kesejarahan dilihat dari aktivitas siswa dan prosentase ketuntasan hasil belajar siswa. Aktivitas siswa dalam pembelajaran prasiklus sebesar 35,38% meningkat menjadi 58,31% pada siklus I dan pada siklus II meningkat menjadi 84,19%. . Penilaian mind mapping dalam pembelajaran siklus I sebesar 82,29% meningkat menjadi 86,45% pada siklus II. Ketuntasan hasil belajar siswa kelas XI IPS 2 dari prasiklus 31,3% nemjadi 56,25% pada siklus I dan pada siklus II meningkat menadi 81,25%.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat ditarik simpulan bahwa metode Quantum tipe Mind Mapping dengan media Timeline dapat meningkatkan kemampuan berpikir kesejarahan siswa kelas XI IPS 2 SMA Negeri 3 Boyolali.
Kata kunci : mind mapping, berpikir kesejarahan, pembelajaran sejarah

×
Penulis Utama : Ninik Rahayu
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K4412057
Tahun : 2016
Judul : Penerapan Metode Quantum Tipe Mind Mapping dengan Media Timeline Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kesejarahan Siswa Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 3 Boyolali Tahun Ajaran 2015/2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Sejarah
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Sejarah-K.4412057-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Hermanu Joebagio
2. Musa Pelu, S. Pd., M. Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.