Penulis Utama : Vita Raraningrum
NIM / NIP : S021408068
×

Latar Belakang: Usia pertumbuhan dan perkembangan anak seharusnya sangat membutuhkan daya tahan optimal guna tumbuh dan kembangnya. Anak dengan HIV/AIDS (ADHA) harus mendapat tindakan klinis. Daya tahan tubuh yang baik, maka anak dengan HIV/AIDS  dapat tetap bertahan terhadap penyakit lain yang mengancam. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pertumbuhan dan perkembangan anak dengan Human Immunodeficiency Virus (HIV)/Acquaired Immuno Deficiency Syndrome (AIDS) di Rumah Singgah Lentera dengan keluarga di Kota Surakarta.

Subjek dan Metode: Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode studi kasus. Teknik sampling menggunakan snowboll sampling, dengan informan utama adalah ADHA yang tinggal di Rumah Singgah Lentera dan keluarga. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara mendalam, observasi dan analisis dokumen. Validitas data dalam penelitian ini meliputi triangulasi sumber, metode serta triangulasi teori. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan model analisis perjodohan pola, yaitu reduksi data, sajian data dan analisi data yang membentuk sebuah pola yang dapat mengungkap  pertumbuhan dan perkembangan ADHA.

Hasil : Pertumbuhan antara ADHA yang tinggal di Rumah Singgah Lentera dengan yang tinggal dengan keluarga tidak berbeda. Berat Badan ADHA dalam batas normal sesuai dengan usia 5 tahun yaitu 15 kg. Ada perbedaan jumlah CD4 pada ADHA F  CD4 352 Sel/mm3 (200-499) dan ADHA P CD4 450 Sel/mm3 (200-499) keduanya dalam  kategori Imunosupresi Sedang. Sedangkan ADHA M/Y serta ADHA M.B Jumlah CD4 500 Sel/mm3  (≥500) Kategori tidak ada imunosupresi. Jumlah CD4 ADHA akan berdampak pada pertumbuhan yaitu penurunan berat badan, sehingga intervensi harus dilakukan agar perkembangan ADHA baik perkembangan fisik, intelektual, emosional, bahasa, sosial, bermain, kepribadian, moral serta kesadaran beragama dapat berkembang sesuai dengan usianya.

Kesimpulan: Pertumbuhan dan Perkembangan ADHA di Surakarta khususnya yang tinggal di Rumah Singgah Lentera menghadapi masalah yang kompleks terutama adanya diskriminasi dan stigma dari masyarakat.

Kata Kunci: ADHA, Pengasuh, Keluarga

×
Penulis Utama : Vita Raraningrum
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S021408068
Tahun : 2016
Judul : Analisis Kualitatif Perbandingan Pertumbuhan dan Perkembangan Anak Dengan Human Immunodeficiency Virus Dengan Asuhan Pada Rumah Singgah Lentera dan Keluarga di Kota Surakarta
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2016
Program Studi : S-2 Ilmu Kesehatan Masyarakat
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Pascasarjana Progdi. Ilmu Kesehatan Masyarakat-S.021408068-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Argyo Demartoto, MSi.
2. Dr. Supriyadi Hari Respati, dr, Sp.OG (K).
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.