Penulis Utama : Nur Ibrahim Tikko
NIM / NIP : D0310050
×

ABSTRAK

Jogja Hiphop Foundation merupakan komunitas musik beranggotakan para musisi hiphop Jawa yang berasal dari Yogyakarta yang didirikan oleh Marzuki Mohamad. Awalnya Jogja Hiphop Foundation masih berupa komunitas yang dijadikan wadah untuk berkumpul grup atau musisi hiphop yang ada di Yogyakarta, namun belum fokus ke arah hiphop Jawa. Dalam penelitian ini, penulis ingin mengetahui bagaimana proses pembentukan identitas komunitas Jogja Hiphop Foundation dan faktor-faktor yang mempengaruhi pembentukan identitas komunitas Jogja Hiphop Foundation.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang memberikan pemahaman bagaimana proses pembentukan identitas yang dilakukan oleh komunitas Jogja Hiphop Foundation. Teori yang digunakan adalah Interaksionisme Simbolik milik George Herbert Mead. Data yang diperoleh langsung bersumber dari para informan, kepustakaan, dan data audio/ visual. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Pemilihan informan dilakukan dengan teknik purposive sampling. Teknik analisis menggunakan analisis data model interaktif dan untuk menguji validitas datanya digunakan triangulasi sumber.
 Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembentukan identitas komunitas Jogja Hiphop Foundation terjadi secara bertahap yaitu berangkat dari ketertarikan menggunakan bahasa Jawa dalam hiphop, muncul kesadaran kultural yang diperoleh melalui pengalaman interaksi, dan bentuk keprihatinan terhadap bahasa Jawa. Faktor yang mempengaruhi pembentukan identitas komunitas Jogja Hiphop Foundation antara lain penggunaan istilah dan logo Java Hiphop dan Hiphopdiningrat, penggunaan bahasa Jawa dalam musik hiphop, perubahan pola pikir dan tema lagu, dan fashion batik. Berdasarkan analisis data terdapat aktivitas dan dialektika pertukaran makna serta simbol melalui bentuk interaksi simbolik yang dilakukan Marzuki Mohamad dan para anggota Jogja Hiphop Foundation lain kaitannya dengan pembentukan identitas mereka.

Kata Kunci : Hiphop, Identitas, Interaksi Simbolik, Jogja Hiphop Foundation

×
Penulis Utama : Nur Ibrahim Tikko
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : D0310050
Tahun : 2016
Judul : Hiphop Jawa Sebagai Pembentuk Identitas Komunitas Jogja Hiphop Foundation (JHF)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F.ISIP - 2016
Program Studi : S-1 Sosiologi
Kolasi :
Sumber : UNS-F. ISIP Jur. Sosiologi-D0310050-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Argyo Demartoto, M.Si
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. ISIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.