Penulis Utama : Nur Jati Zahrah Saputri
NIM / NIP : K3312058
×

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan interaksi sosial dan prestasi belajar siswa kelas XI MIA 4 SMA Negeri 1 Teras tahun pelajaran 2015/2016 melalui penerapan model pembelajaran Problem Solving pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Pada setiap siklusnya terdapat empat tahapan yang terdiri dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIA 4 SMA Negeri 1 Teras tahun pelajaran 2015/2016. Sumber data adalah guru dan siswa. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, angket, dan tes. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Penerapan model pembelajaran problem solving dapat meningkatkan interaksi sosial pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan kelas XI MIA 4 SMA N 1 Teras. Pada siklus I, ketercapaian interaksi sosial sebesar 67% dan pada siklus II meningkat menjadi 93%. (2) Penerapan model pembelajaran Problem Solving dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi kelarutan dan hasil kali kelarutan kelas XI MIA 4 SMA N 1 Teras. Ditunjukkan dari aspek pengetahuan pada siklus I diperoleh ketuntasan belajar sebesar 57% dan pada siklus II meningkat menjadi 77%. Aspek sikap pada siklus I ketercapaiannya sebesar 82,5% dan pada siklus II meningkat menjadi 92,75%. Sedangkan untuk aspek keterampilan hanya dilakukan pada siklus I dengan persentase ketercapaian sebesar 100%.
Kata Kunci : Problem Solving, Interaksi Sosial, Prestasi Belajar, Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan.

×
Penulis Utama : Nur Jati Zahrah Saputri
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K3312058
Tahun : 2016
Judul : Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving untuk Meningkatkan Interaksi Sosial dan Prestasi Belajar pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Kelas XI MIA 4 SMA Negeri 1 Teras Tahun Ajaran 2015/2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Kimia
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Kimia-K.3312058-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Agung Nugroho Catur Saputro, S.Pd., M.Sc.
2. Drs. Haryono, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.