Penulis Utama : Lusi Maryanti
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP :
Tahun : 2004
Judul : Fenomena underprincing dan faktor yang mempengaruhi dalam penawaran umum perdana saham (studi kasus di Bursa Efek Jakarta periode 1999-2003)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Fak. Ekonomi UNS - 2004
Kolasi :
Sumber : UNS-Fak. Ekonomi NIM.F0200069-2004
Subyek : SAHAM
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Abstrak :

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terjadi fenomena underpricing pada penawaran umum perdana saham di Bursa Efek Jakarta periode 1999-2003, di hari pertama perdagangan. Serta menganalisis faktor-faktor yang diduga mempengaruhinya, seperti besaran perusahaan, profitabilitas, reputasi underwriter, reputasi auditor, dan umur perusahaan. Penelitian ini menguji tiga hipotesis. Hipotesis pertama untuk mengetahui apakah terjadi fenomena underpricing dalam penawaran umum perdana saham di Bursa Efek Jakarta. Hipotesis kedua untuk mengetahui apakah faktor-faktor yang diteliti secara simultan atau bersama-sama berpengaruh terhadap underpricing, Hipotesis ketiga untuk menguji apakah faktor-faktor yang diteliti secara parsial atau terpisah berpengaruh terhadap underpricing.

Dalam penelitian ini menggunakan data sekunder dengan populasi perusahaan-perusahaan yang melakukan IPO tahun 1999 – 2003. Pengambilan sampel dengan convenience purposive sampling dan didapat sebanyak 47 perusahaan. Untuk menguji hipotesis pertama digunakan uji one sample t-test pada level 5%. Untuk menguji hipotesis kedua dan ketiga digunakan regresi berganda dengan uji F (Analisis Varian Satu Jalur) pada level 5%.

Berdasarkan hasil pengujian statistik deskriptif diperoleh rata-rata underpricing sebesar 50,87% dan pada uji one sample t-test diperoleh nilai signifikan 0,045. Hasil pengujian hipotesis kedua menunjukkan bahwa secara simultan semua variabel berpengaruh terhadap underpricing dengan signifikan F sebesar 0,000. sedangkan secara parsial variabel besaran perusahaan mempunyai nilai signifikan t 0,397, profitabilitas 0,029, reputasi underwriter 0,099, reputasi auditor 0,020 dan umur perusahaan 0,031. Dengan nilai adjusted R-Square dalam penelitian ini sebesar 0,360 yang berarti hanya sebesar 36% saja variabel dependen underpricing dapat dijelaskan oleh variabel independennya.

Kesimpulan yang didapat dari penelitian ini bahwa fenomena underpricing memang terjadi dalam penawaran perdana saham di Bursa Efek Jakarta periode 1999-2003 dan faktor-faktor yang mempengaruhinya secara signifikan adalah profitabilitas, reputasi auditor dan umur perusahaan. Untuk penelitian selanjutnya sebaiknya meneliti variabel lain yang mungkin akan lebih berpengaruh terhadap underpricing.

Kata kunci : IPO, underpricing, besaran perusahaan, profitabilitas, reputasi underwriter, reputasi auditor dan umur perusahaan.

File Dokumen :

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 147

A PHP Error was encountered

Severity: Notice

Message: Trying to get property of non-object

Filename: page/dok_detail.php

Line Number: 148

abstrak.pdf
Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.
File Jurnal : -
Status : Non Public
Pembimbing : 1. Drs. Sunaryanto
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Ekonomi dan Bisnis