Penulis Utama : Rebecca Ratna Paramita
NIM / NIP : K7412145
×

Penelitian ini bertujuan untuk menguji (1) pengaruh latar belakang pendidikan mahasiswa terhadap prestasi belajar Dasar-dasar Akuntansi Keuangan Program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP UNS; (2) pengaruh motivasi berprestasi terhadap prestasi belajar Dasar-dasar Akuntansi Keuangan mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP UNS; (3) pengaruh latar belakang pendidikan dan motivasi berprestasi mahasiswa secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Dasar-dasar Akuntansi Keuangan mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP UNS.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi angkatan 2012, 2013, dan 2014. Sampel berjumlah 123 peserta didik yang diambil dengan teknik cluster sampling. Teknik pengumpulan data latar belakang pendidikan dan motivasi berprestasi menggunakan metode kuesioner, sedangkan prestasi belajar Dasar-dasar Akuntansi Keuangan menggunakan metode dokumentasi dengan melihat transkrip nilai. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi ganda dengan SPSS versi 20.
Hasil penelitian ini adalah (1) terdapat pengaruh latar belakang pendidikan terhadap prestasi belajar Dasar-dasar Akuntansi. Hal tersebut dibuktikan dengan diperolehnya nilai 5,772 > t tabel (1,658) dengan nilai probabilitas sebesar 0,000 berarti lebih kecil dari 0,05 maka Ho ditolak dan Ha1 diterima pada taraf signifikansi 5%. (2) terdapat pengaruh motivasi berprestasi mahasiswa terhadap prestasi belajar Dasar-dasar Akuntansi. Hal tersebut dibuktikan dengan diperolehnya nilai thitung > ttabel atau 2,946 > t tabel (1,658) dengan nilai probabilitas sebesar 0,004 berarti lebih kecil dari 0,05 maka Ho ditolak dan Ha2 diterima pada taraf signifikansi 5%. (3) terdapat pengaruh latar belakang pendidikan dan motivasi berprestasi mahasiswa secara bersama-sama terhadap prestasi belajar Dasar-dasar Akuntansi Keuangan. Hal tersebut terbukti dengan diperolehnya Fhitung>Ftabel atau 28,681 > Ftabel (3,07) dengan nilai signifikannya sebesar 0,000 maka Ho ditolak dan Ha3 diterima. pada taraf signifikansi 5%.
Kata Kunci : Latar Belakang Pendidikan, Motivasi Berprestasi, Prestasi Belajar, Dasar- dasar Akuntansi Keuangan

×
Penulis Utama : Rebecca Ratna Paramita
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7412145
Tahun : 2016
Judul : Pengaruh Latar Belakang Pendidikan Mahasiswa dan Motivasi Berprestasi Mahasiswa Terhadap Prestasi Belajar Dasar-Dasar Akuntansi Keuangan pada Program Studi Pendidikan Akuntansi Universitas Sebelas Maret
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Ekonomi Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Ekonomi BKK Pendidikan Akuntansi-K.7412145-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dra. Sri Witurachmi, MM.
2. Nurhasan Hamidi, SE, M.Sc, Ak.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.