Penulis Utama : Eko Budi Prasetyo
NIM / NIP : A121408026
×

<!--[if gte mso 9]><xml> user 12.00 </xml><![endif]-->

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan pengaruh back exercise dengan peningkatan flexibilitas tulang belakang, terhadap nyeri punggung bawah dan fleksibilitas tulang belakang, serta untuk mengetahui interaksi antara jenis terapi, nyeri punggung bawah, fleksibilitas tulang belakang dan jenis kelamin.

 

Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian ini adalah eksperimental semu, dengan pendekatan pretest-posttest design. Dengan metode pengambilan Sampel penelitian berupa purposive insidental sampling melalui prosedur pemeriksaan untuk menetapkan diagnosis nyeri punggung bawah.

 

Hasil pada penelitian ini yaitu terdapat penurunan nyeri punggung bawah dan peningkatan fleksibilitas tulang belakang akan tetapi tidak ada pengaruh dan interaksi yang signifikan antara jenis terapi fisik terhadap peningkatan flexibilitas dan penurunan nyeri punggung bawah, kemudian tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara jenis terapi terhadap nyeri punggung bawah dan fleksibilitas tulang belakang, namun terdapat perbedaan yang signifikan pada peningkatan flexibilitas jika ditinjau dari jenis kelamin.

 

Berdasarkan kesimpulan yang ada maka didapatkan hasil sebagai berikut : (1) jenis terapi fisik Sinar infra merah dan william fleksi exercise lebih baik dalam meningkatkan flexibilitas tulang belakang dan nyeri punggung bawah dibandingkan dengan jenis terapi fisik sinar infra merah dan mc. Kenzie exercise, (2) berdasarkan jenis kelamin terdapat perbedaan peningkatan nilai flexibilitas, sedangkan nyeri punggung bawah didapatkan hasil yang sama ditinjau dari jenis kelamin, (3) tidak terdapat interaksi yang signifikan antara jenis terapi fisik terhadap flexibilitas, nyeri punggung bawah dan jenis kelamin.

Kata Kunci : Flexibilitas Tulang Belakang, Nyeri Punggung Bawah, jenis terapi fisik, Jenis Kelamin.

×
Penulis Utama : Eko Budi Prasetyo
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : A121408026
Tahun : 2016
Judul : Perbedaan Pengaruh Terapi Sinar Infra Merah dan Back Exercise Terhadap Nyeri Punggung Bawah dan Flexibilitas Tulang Belakang Ditinjau dari Jenis Kelamin (Studi Experimen Terapi Sinar Infra Merah dan William Flexi Exercise Dibanding Sinar Infra Merah dan Mc. Kenzie Exercise pada Penderita Nyeri Punggung Bawah dan Fleksibilitas Tulang Belakang di Lingkup Cabang Olahraga KONI Kota Pekalongan)
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2016
Program Studi : S-2 Ilmu Keolahragaan
Kolasi :
Sumber : UNS-Pascasarjana Prog. Studi Magister Ilmu Keolahragaan-A.121408026-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Sugiyanto
2. Prof. Dr. Agus Kristiyanto, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.