Penulis Utama : Eko Yulistianto
NIM / NIP : I0109029
×

<!--[if gte mso 9]><xml> user 12.00 </xml><![endif]-->

Nilai Ekuivalensi Mobil Penumpang (EMP) adalah faktor konversi dari berbagai macam kendaraan menjadi mobil penumpang. Besarnya nilai EMP untuk ruas jalan berbeda dengan nilai emp untuk bundaran. Nilai emp mempengaruhi kinerja dari sebuah ruas jalan atau sebuah simpang. Metode yang dapat digunakan untuk nilai EMP yaitu metode semi empiris, metode Walker’s, metode Time Headway, regresi linier, koefisien homogenic, dan metode simulasi. Metode yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah metode Time Headway dengan pencatatan iringan kendaraan LV-LV, HV-HV, LV-HV, HV-LV, MC-MC, LV-MC, dan MC-LV. Tujuan dari penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui nilai EMP kendaran berat (Heavy Vehicle) dan EMP sepeda motor (Motor Cycle) pada simpang tiga bersinyal, dengan menggunakan metode Time Heaeadway.

 

Lokasi penelitian bertempat pada simpang tiga bersinyal Kerten (Jalan Slamet Riyadi dengan Jalan Jendral Ahmad Yani) yang dilewati oleh proporsi iringan kendaraan bervariasi dan kontinyu sehingga memenuhi syarat perhitungan EMP. Waktu untuk survei pagi dilaksanakan  pukul 06.00-08.00 dan untuk survei sore dilaksanakan pukul 15.30-17.30.

 

Nilai EMP metode Time Headway pada survei pagi adalah EMP MC sebesar 0,49 dan untuk EMP HV sebesar 1,54. Sedangkan nilai EMP pada survei sore adalah EMP MC sebesar 0,46 dan untuk EMP HV sebesar 1,58. Hasil analisis kinerja simpang dengan menggunakan EMP MKJI agar terkonversi dalam satuan SMP (Satuan Mobil Penumpang) adalah untuk arus pagi 3391,9 SMP/jam, sedangkan untuk arus sore 4422,3 SMP/jam. Analisis Derajad kejenuhan (DS) pada survei pagi pendekat Barat 0,7, pendekat Utara  1,18, pendekat Timur 0,81. Nilai panjang antrian (QL) dengan menggunakan nilai EMP MKJI pada pendekat Barat 107,5 m, pendekat Utara 749,5 m, pendekat Timur 108 m. Sedangkan panjang antrian (QL) dengan menggunakan nilai EMP Time Headway pendekat Barat 410 m, pendekat Utara 1958,5 m, pendekat Timur 636,5 m.

Kata kunci : Ekuivalensi Mobil Penumpang (EMP), Jam Puncak, Iringan Kendaraan, Time Headway

×
Penulis Utama : Eko Yulistianto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : I0109029
Tahun : 2016
Judul : Evaluasi Nilai EMP MKJI dan EMP Time Headway pada Simpang Tiga Bersinyal dengan Validitas Panjang Antrian (Studi Kasus pada Simpang Bersinyal Kerten Surakarta)
Edisi :
Imprint : Surakarta - F. Teknik - 2016
Program Studi : S-1 Teknik Sipil
Kolasi :
Sumber : UNS-F. Teknik Jur. Teknik Sipil-I.0109029-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Ir. Agus Sumarsono, MT.
2. Amirotul Musthofiah Hidayah Mahmudah, ST, MSc.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. Teknik
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.