Penulis Utama : Giyanto
NIM / NIP : K7412083
×

Penelitian ini bertujuan untuk menguji ada tidaknya (1) hubungan prakarya terhadap kewirausahaan (2) hubungan kewirausahaan terhadap prakarya (3) pengaruh secara langsung prakarya terhadap soft skills (4) pengaruh secara tidak langsung prakarya terhadap soft skills (5) pengaruh secara langsung prakarya terhadap proses pembelajaran (6) pengaruh secara langsung kewirausahaan terhadap soft skills (7) pengaruh secara tidak langsung kewirausahaan terhadap soft skills (8) pengaruh secara langsung kewirausahaan terhadap proses pembelajaran (9) pengaruh secara langsung proses pembelajaran terhadap soft skills.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode deskriptif dengan studi korelasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa jurusan Pemasaran SMK Negeri 1 Karanganyar. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling dengan metode undian. Try out dilakukan pada 30 responden di luar sampel yang berasal dari kelas X Pemasaran (X6 dan X7). Hasil try out pada angket prakarya adalah 14 dari 14 soal dinyatakan valid dengan nilai reliabilitas sangat tinggi. Hasil try out pada angket kewirausahaan adalah 14 dari 14 soal dinyatakan valid dengan nilai reliabilitas sangat tinggi. Hasil try out pada angket proses pembelajaran adalah 13 dari 13 soal dinyatakan valid dengan nilai reliabilitas sangat tinggi. Hasil try out pada angket soft skills adalah 34 dari 37 soal dinyatakan valid dengan nilai reliabilitas sangat tinggi. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah angket atau kuesioner. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis jalur dengan path analisis.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) prakarya berpengaruh secara langsung terhadap kewirausahaan sebesar 0,54 atau 54% (2) kewirausahaan berpengaruh secara langsung terhadap prakarya sebesar 0,54 atau 54% (3) prakarya berpengaruh secara langsung terhadap soft skills sebesar 0,34 atau 34% (4) prakarya berpengaruh secara tidak langsung terhadap soft skills sebesar 0,01 atau 1% (5) kewirausahaan berpengaruh secara langsung terhadap soft skills sebesar 0,10 atau 10% (6) kewirausahaan berpengaruh secara tidak langsung terhadap soft skills sebesar 0,01 atau 1% (7) prakarya berpengaruh secara langsung terhadap proses pembelajaran sebesar 0,17 atau 17% (8) kewirausahaan berpengaruh secara langsung terhadap proses pembelajaran sebesar 0,19 atau 19% (9) proses pembelajaran berpengaruh secara langsung terhadap soft skills sebesar 0,03 atau 3%.
Kata kunci: prakarya, kewirausahaan, proses pembelajaran, soft skills

×
Penulis Utama : Giyanto
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K7412083
Tahun : 2016
Judul : Pengaruh Antara Prakarya, Kewirausahaan, dan Proses Pembelajaran Terhadap Soft Skills Peserta Didik di SMK Negeri 1 Karanganyar Tahun 2015/2016
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Ekonomi Akuntansi
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Ekonomi-K.7412083-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. Dr. Trisno Martono, MM.
2. Dr. Harini, M.Pd.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.