Penulis Utama : Hani’atul Hidayah
NIM / NIP : K6412031
×

Penelitian ini bertujuan untuk menguji ada tidaknya perbedaan pengaruh penggunaan instrumen tes berbasis Wondershare Quiz Creator dengan Paper and Pencil Test terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PPKn.
Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X di SMA Negeri 1 Boyolali. Sampel yang digunakan adalah kelas X MIA 1 sebagai kelas eksperimen yang menggunakan instrumen tes berbasis Wondershare Quiz Creator dan X MIA 7 dengan instrumen konvensional berbasis Paper and Pencil Test melalui teknik pengambilan sampel cluster random sampling. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain true-experimental design. Pengumpulan data dilaksanakan dengan teknik observasi dalam penggunaan instrumen tes berbasis Wondershare Quiz Creator dan dengan teknik angket untuk data motivasi belajar siswa, serta teknik dokumentasi untuk mengumpulkan data mengenai daftar nama siswa, kurikulum, silabus dan RPP mata pelajaran PPKn untuk melengkapi data yang diperoleh dari angket yang peneliti sebarkan. Analisis data menggunakan uji perbedaan dua sampel dengan uji T-Test, sedangkan uji prasyarat analisis berupa uji normalitas dan uji homogenitas.
Hasil penelitiannya adalah terdapat perbedaan motivasi belajar siswa di kelas eksperimen pada kelas X MIA 1 dengan motivasi belajar siswa pada kelas kontrol pada kelas X MIA 7. Skor motivasi belajar diperoleh dari rata-rata kelas eksperimen sebesar 78,95 dan kelas kontrol sebesar 75,98. Hal ini dapat ditunjukan dari hasil perhitungan thitung sebesar 2,748. Kemudian dibandingkan ttabel dengan taraf signifikansi 5% sebesar 2,000 dan didapatkan thitung >ttabel, yaitu 2,748>2,000. Ternyata thitung>ttabel, maka H0 ditolak dan Ha diterima. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan pengaruh penggunaan instrumen tes berbasis Wondershare Quiz Creator dengan Paper and Pencil Test terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran PPKn.
Kata Kunci : Wondershare Quiz Creator, Paper and Pencil Test, motivasi belajar, mata pelajaran PPKn

×
Penulis Utama : Hani’atul Hidayah
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : K6412031
Tahun : 2016
Judul : Perbedaan Pengaruh Penggunaan Instrumen Tes Berbasis Wondershare Quiz Creator dengan Paper And Pencil Test Terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PPKn (Penelitian Kuantitatif-Eksperimen pada Materi Merajut Kebersamaan dalam Kebhinnekaan di Kelas X SMA Negeri 1 Boyolali)
Edisi :
Imprint : Surakarta - FKIP - 2016
Program Studi : S-1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Kolasi :
Sumber : UNS-FKIP Jur. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan-K.6412031-2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Skripsi
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Dr. Winarno, S.Pd.,M.Si.
2. Erna Yuliandari, SH., M.A.
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Fak. KIP
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.