Penulis Utama : Endang Sri Wahyuni
NIM / NIP : S021308026
×

ABSTRAK 

Endang Sri Wahyuni. S021308026. 2016. Aksesibilitas Penyandang Disabilitas terhadap Layanan Transportasi Publik. TESIS. Pembimbing I: Prof. Bhisma Murti, dr.,  MPH, M.Sc, Ph.D, Pembimbing II: Prof. Dr. Hermanu Joebagio, M. Pd.  Program Studi Ilmu Kesehatan Masyarakat. Program Pasca Sarjana, Universitas Sebelas Maret Surakarta.

 

 

Latar Belakang: Menurut data Kementrian Sosial Republik Indonesia (2009), total penduduk penyandang disabilitas di Indonesia mencapai 1.541.942 orang. Mereka menghadapi kendala dalam mengakses layanan publik khususnya transportasi untuk menunjang aktivitas kehidupan mereka sehari-hari. Salah satu penyebabnya adalah hambatan arsitektural sarana transportasi. Berdasarkan UU No 4 Tahun 1997 dan UU No 25 Tahun 2009 tentang pelayanan publik, pemerintah telah menjanjikan kemudahan dalam aksesibilitas bagi penyandang disabilitas. Namun, ketersediaan sarana dan prasarana ramah difabel masih jauh dari harapan sehingga mereka kehilangan hak untuk mendapatkan pelayanan yang setara dengan warga negara lainnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis aksesibilitas user, hambatan dan solusi alternatif provider.

Subjek dan Metode: Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif eksploratif. Data yang terkumpul didapatkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi kepada user (penyandang disabilitas fisik serta mental) dan provider (Kasi Angkutan Orang, Dinas Perhuhungan Komunikasi Informasi dan Transportasi Kota Surakarta). Teknik analisis data menggunakan metode triangulasi sumber data, teori, dan metodologi.

Hasil: Secara arsitektural, aksesibilitas sarana prasarana transportasi publik sudah tersedia untuk penyandang disabilitas di Kota Surakarta akan tetapi belum semuanya sesuai dengan standar aksesibilitas yang ditetapkan. Hambatan provider berupa fokus dan komitmen pemerintah, penerapan kebijakan, dukungan dari pihak/lembaga terkait, adanya anggapan transportasi bukan merupakan masalah prioritas, dan keterbatasan alokasi dana. Solusi alternatif yang telah dilakukan provider meliputi konsultasi dan koordinasi dengan instansi terkait, penerapan standar operasional prosedur rapid transit system dan membangun shelter portable di tempat dengan lahan terbatas.

Kesimpulan: Kolaborasi antara penyandang disabilitas dan dinas terkait diperlukan untuk mengatasi keterbatasan aksesibilitas transportasi publik bagi penyandang disabilitas dalam mewujudkan pelayanan transportasi publik yang ramah dan berkeadilan.

 

Kata Kunci: Aksesibilitas, Penyandang Disabilitas, PelayananPublik, Transportasi

×
Penulis Utama : Endang Sri Wahyuni
Penulis Tambahan : -
NIM / NIP : S021308026
Tahun : 2016
Judul : Aksesibilitas Penyandang Disabilitas Terhadap Layanan Transportasi Publik
Edisi :
Imprint : Surakarta - Pascasarjana - 2016
Program Studi : S-2 Ilmu Kesehatan Masyarakat
Kolasi :
Sumber : UNS - Pascasarjana Prodi Ilmu Kesehatan Masyarakat - S021308026 - 2016
Kata Kunci :
Jenis Dokumen : Tesis
ISSN :
ISBN :
Link DOI / Jurnal : -
Status : Public
Pembimbing : 1. Prof. dr. Bhisma Murti, MPH, M.Sc, Ph.D
2. Prof. Dr. Hermanu Joebagio, M. Pd
Penguji :
Catatan Umum :
Fakultas : Sekolah Pascasarjana
×
File : Harus menjadi member dan login terlebih dahulu untuk bisa download.